Layangkan tinju, Letnan Josey terancam dipecat

Kamis, 04 Oktober 2012 - 22:30 WIB
Layangkan tinju, Letnan Josey terancam dipecat
Layangkan tinju, Letnan Josey terancam dipecat
A A A
Sindonews.com – Seorang anggota Kepolisian Philadelphia, AS, Letnan Jonathan Josey diskorsing 30 hari. Hukuman yang berlaku mulai, Kamis (4/10/2012) ini diyakini sebagai langkah pertama sebelum sampai ke tahap pemecatan.

Seperti dikutip dari CNN.com, sanksi dijatuhkan lantaran Josey melakukan tindak kekerasan saat bertugas mengamankan pawai yang digelar warga Puerto Rico di Philadelphia, Senin (1/10/2012).

Saat itu, Josey melakukan pemukulan terhadap seorang wanita berusia 39 tahun, Aida Guzman. Aksi kekerasan yang dilakukan Josey ini tertangkap kamera amatir dan diunggah di You Tube. Sejak ditayangkan, video ini sudah disaksikan sekitar 1,2 juta orang.

Dalam rekaman video itu, terlihat jelas saat Josey melayangkan pukulan tangan kanan ke wajah Guzman. Tak pelak, ibu dari tiga orang anak itu langsung jatuh tersungkur dengan dagu berdarah.

Dalam rekaman itu pula terlihat, sebelum terjadi aksi pemukulan, Guzman sempat menyiramkan cairan pada sekelompok polisi, salah satunya Josey. Bisa jadi, inilah yang memancing amarah Josey.

Hingga kini, Josey belum bisa dimintai keterangan soal alasannya melakukan tindak kekerasan. Guzman sendiri sudah mendapat dakwaan dari Jaksa Wilayah di Philadelphia. Jaksa mendakwanya dengan tuduhan perilaku tidak tertib di tempat umum.

Pengacara Guzman, Enrique Latoison, mengatakan, kliennya tidak pernah diberitahu soal hukuman pemecatan yang mungkin akan diterima Josey. Namun, pihaknya setuju bila Kepolisian akhirnya memutuskan untuk memecat Josey.

“Guzman tak percaya kalau tindakan Josey merefleksikan sikap seluruh Departemen Kepolisian. Namun, Guzman ingin Kepolisian menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Kami percaya, permintaan maaf atas insiden ini dibutuhkan oleh masyarakat Hispanik dan masyarakat AS secara keseluruhan,” jelas Latoison.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4692 seconds (0.1#10.140)