Penggunaan Masker Secara Luas Cegah Gelombang Kedua Covid-19

Jum'at, 12 Juni 2020 - 17:01 WIB
loading...
Penggunaan Masker Secara Luas Cegah Gelombang Kedua Covid-19
Beberapa orang memakai masker di Bandara Internasional Heathrow, London, Inggris. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Penggunaan masker secara luas dapat menurunkan penyebaran Covid-19 ke level yang dapat dikontrol secara nasional dan mencegah gelombang selanjutnya saat digabung lockdown.

Riset yang dipimpin para peneliti di Universitas Cambridge dan Greenwich, Inggris, itu menunjukkan lockdown saja tidak akan menghentikan kemunculan lagi wabah, tapi masker kain dapat secara drastis mengurangi tingkat penyebaran jika banyak orang memakainya di tempat publik.

“Analisa kami mendukung penggunaan masker oleh publik,” ungkap Richard Stuff, yang ikut memimpin penelitian itu di Cambridge.

Dia menjelaskan gabungan penggunaan masker secara luas dengan social distancing dan lockdown dapat menjadi cara untuk mengelola pandemi dan membuka lagi aktivitas ekonomi sebelum vaksin ditemukan.

Hasil temuan studi itu dirilis di jurnal sains “Proceedings of the Royal Society A”.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang merekomendasikan semua orang memakai masker kain di tempat publik untuk mengurangi penyebaran Covid-19. (Baca Juga: Turki dan Pakistan Bangun Kapal Perang Canggih Penyeimbang Kekuatan)

Dalam studi ini, para peneliti mengaitkan dinamika penyebaran antar orang dengan model level populasi untuk menilai dampak tingkat penambahan penyakit atau nilai R, skenario berbeda penggunaan masker digabung dengan lamanya lockdown.

Studi menunjukkan jika orang memakai masker kapan pun mereka di tempat publik, dua kali lebih efektif dalam mengurangi nilai R dibandingkan jika masker hanya dipakai setelah gejala muncul.
(Baca Juga: Bocoran dari Saudi, Haji Bisa Dibatasi 20% Kuota Per Negara atau Batal)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)