Latihan Memburu Kapal Selam Musuh, 2 Pesawat Tu-142 Rusia Berkeliaran di Atlantik

Kamis, 03 Februari 2022 - 13:35 WIB
loading...
Latihan Memburu Kapal Selam Musuh, 2 Pesawat Tu-142 Rusia Berkeliaran di Atlantik
Sepasang pesawat pemburu kapal selam Rusia, Tu-142. Pesawat-pesawat tersebut telah berkeliaran di atas Atlantik dalam latihan memburu kapal selam musuh. Foto/Weapon News
A A A
MOSKOW - Dua pesawat Tu-142 Rusia berkeliaran di atas Atlantik sebagai bagian dari latihan memburu kapal selam musuh, hari Rabu. Manuver kedua pesawat itu dikawal sepasang jet tempur pencegat MiG-31.

Komandan Angkatan Laut, Laksamana Nikolai Evmenov, mengatakan misi penerbangan sepasang Tu-142 itu memang bagian dari serangkaian latihan pada Januari-Februari di bawah pengawasannya.

“Sesuai dengan rencana pelatihan tempur, dua pesawat antikapal selam Tu-142 dari penerbangan Armada Utara Angkatan Laut berhasil menyelesaikan penerbangan ke area tertentu di Atlantik Timur Laut untuk berpartisipasi dalam latihan mencari dan mendeteksi kapal selam,” kata Armada Utara.



Pesawat-pesawat itu mengudara di Wilayah Vologda dan terbang di atas Laut Norwegia ke area misi, ditemani oleh dua pesawat tempur pencegat MiG-31.

Pada berbagai tahap penerbangan, Tu-142 juga diikuti oleh jet tempur dari Angkatan Udara Norwegia dan Angkatan Udara Inggris.

"Penerbangan pesawat Rusia berlangsung sesuai dengan aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara di atas perairan netral Barents, Laut Norwegia dan Samudra Atlantik," lanjut Armada Utara seperti dikutip Sputniknews, Kamis (3/2/2022).

Manuver sepasang pesawat antikapal selam Rusia itu berlangsung ketika ketegangan antara Moskow dan Barat sedang memanas terkait masalah Ukraina.

Negara-negara Barat menuduh Rusia akan menginvasi Ukraina dengan menempatkan ratusan ribu di dekat perbatasan kedua negara. Moskow membantah tuduhan itu dan menegaskan penempatan pasukan tersebut sah karena berada di tanah Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)