Rudal-rudal Houthi Hujani UEA, AS Kirim Kapal Perang dan Jet Tempur

Rabu, 02 Februari 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
Pada hari Senin, serangan rudal ketiga digagalkan selama kunjungan Presiden Israel Isaac Herzog ke UEA.



Serangan pemberontak Yaman telah meningkatkan ketegangan Teluk lebih lanjut pada saat pembicaraan internasional mengenai program nuklir Iran tersendat, dan telah membantu mendorong harga minyak ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Houthi mulai menyerang kepentingan UEA setelah serangkaian kekalahan di Yaman, yang ditimbulkan oleh milisi Brigade Raksasa yang dilatih UEA.

Pada awal Januari, Houthi menyita sebuah kapal berbendera UEA di Laut Merah, dengan mengatakan kapal itu membawa senjata klaim yang dibantah oleh UEA.

Perang saudara Yaman dimulai pada tahun 2014 ketika Houthi merebut Ibu Kota Sanaa, mendorong pasukan pimpinan Arab Saudi untuk campur tangan guna menopang pemerintah yang sah pada tahun berikutnya.

UEA, salah satu pembeli senjata terbesar di dunia, mengumumkan pemindahan pasukan dari Yaman pada 2019 tetapi tetap menjadi pemain yang berpengaruh.



Konflik yang parah telah menyebabkan jutaan orang di ambang kelaparan, menurut PBB, yang menyebutnya sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)