Rudal-rudal Houthi Hujani UEA, AS Kirim Kapal Perang dan Jet Tempur

Rabu, 02 Februari 2022 - 18:03 WIB
loading...
Rudal-rudal Houthi Hujani UEA, AS Kirim Kapal Perang dan Jet Tempur
Kapal perusak berpeluru kendali AS, USS Cole, dikirim ke UEA setelah serangkaian serangan rudal Houthi. Foto/USNI
A A A
ABU DHABI - Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan kapal perusak peluru kendali dan jet tempur canggih untuk membantu pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) setelah serangkain serangan rudal oleh kelompok pemberontak Yaman, Houthi . Begitu bunyi sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kedutaan AS di UEA.

"Pengerahan itu, untuk membantu UEA melawan ancaman saat ini, mengikuti panggilan telepon antara Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al-Nahyan," kata kedutaan AS seperti dilansir dari France24, Rabu (2/2/2022).

UEA, bagian dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi pemberontak Houthi Yaman yang didukung Iran, mengalami serangan rudal ketiganya dalam beberapa minggu berturut-turut pada hari Senin lalu.

Menurut pernyataan itu kapal perusak berpeluru kendali USS Cole akan bermitra dengan Angkatan Laut UEA dan melakukan kunjungan pelabuhan di Abu Dhabi, sementara AS juga akan mengerahkan pesawat tempur generasi kelima.

"Tindakan lain termasuk terus memberikan intelijen peringatan dini," tambah pernyataan itu.



Menurut pernyataan itu, maksud dari pengerahan itu menjadi sinyal yang jelas bahwa Amerika Serikat mendukung UEA sebagai mitra strategis lama. AS sendiri adalah pendukung koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Serangan pemberontak Houthi telah membuka front baru dalam perang tujuh tahun di Yaman. Perang telah menewaskan ratusan ribu orang secara langsung atau tidak langsung serta membuat jutaan orang mengungsi.

Tiga pekerja asing tewas dalam serangan drone dan rudal yang menargetkan fasilitas minyak serta bandara Abu Dhabi pada 17 Januari, memicu serangan udara mematikan sebagai pembalasan.

Pada 24 Januari, pasukan AS yang ditempatkan di pangkalan udara al Dhafra Abu Dhabi menembakkan rudal pencegat Patriot dan bergegas ke bunker ketika dua rudal balistik yang ditembakan Houthi jatuh di atas kota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)