Ekor Pesawat Tabrak Landasan, Lihat Cara Pilot Bermanuver

Rabu, 02 Februari 2022 - 13:38 WIB
loading...
Ekor Pesawat Tabrak Landasan, Lihat Cara Pilot Bermanuver
Pesawat British Airways (BA) mendarat dengan ekor menabrak landasan pacu di Bandara Heathrow London pada Senin sore (31/1/2022). Foto/twitter
A A A
LONDON - Penerbangan British Airways (BA) dari Aberdeen, Skotlandia, hendak mendarat di Bandara Heathrow London pada Senin sore (31/1/2022), tetapi ekor pesawat menabrak landasan.

Saat itu pilot berjuang mendaratkan pesawat ketika angin kencang berhembus di landasan pacu.



Pendaratan di salah satu pusat transportasi terbesar di dunia itu dilakukan selama kondisi cuaca yang sulit, dengan kecepatan angin hingga 145 km per jam akibat Badai Corrie.



Upaya pendaratan jet A321 difilmkan para pengintai pesawat di bandara tersebut.



Video tersebut menangkap pesawat yang mendekati landasan pacu, tampak gemetar dari sisi ke sisi dalam angin kencang yang berhembus.



Seorang pria di belakang kamera terdengar berkomentar, "Dia beruntung, dia melakukannya," sebelum jet itu menyentuh tanah dengan kedua set roda, disertai asap saat roda menyentuh landasan.

Sesaat kemudian, pesawat besar itu miring ke satu sisi dan ekornya terlihat menabrak landasan dalam apa yang dikenal sebagai "tail strike". Debu cat pesawat juga terlihat mengepul dari tanah setelah insiden itu.

Pilot kemudian berhasil menarik gas, dan pesawat naik kembali ke langit. “Jet mendarat dengan selamat pada upaya kedua. Semua penumpang dan awak turun seperti biasa,” papar juru bicara BA.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)