AS Kehilangan 4 Aset Militer di Laut China Selatan dalam 2 Dekade

Sabtu, 29 Januari 2022 - 18:36 WIB
loading...
AS Kehilangan 4 Aset Militer di Laut China Selatan dalam 2 Dekade
AS telah kehilangan 4 aset militer di Laut China Selatan dalam 2 dekade. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) kerap melakukan misi militer di Laut China Selatan guna melawan klaim teritorial China di periaran yang disengketakan itu.

Operasi AS di Laut China Selatan, yang disebut Washington sebagai misi "kebebasan navigasi," sering kali mengarah pada situasi nyaris bentroknya antar militer dua negara, tetapi sejauh ini tidak ada tembakan yang dilepaskan.

Namun demikian, Amerika telah kehilangan beberapa aset militernya di perairan yang kaya sumber daya di kawasan yang juga diklaim oleh Taiwan, Filipina, Vietnam, Brunei, dan Malaysia.

Berikut sejumlah aset utama militer AS yang "terbuang sia-sia" di Laut China Selatan seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (29/1/2022).

1. Jet tempur F-35 jatuh ke Laut China Selatan

AS Kehilangan 4 Aset Militer di Laut China Selatan dalam 2 Dekade


Ini adalah kejadian terbaru. Jet tempur siluman paling canggih AS, F-35C Lightning II, mengalami kecelakaan pendaratan di dek kapal induk USS Carl Vinson (CVN 70) saat melakukan operasi penerbangan rutin di Laut China Selatan pada 24 Januari lalu.

Berbekal teknologi yang sangat rahasia, jet itu jatuh ke laut setelah kecelakaan tersebut. Angkatan Laut AS mengatakan bahwa tujuh personel angkatan laut, termasuk pilot, mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. Dengan harga masing-masing sekitar USD100 juta, F-35C dirancang untuk beroperasi dari kapal induk.

Kecelakaan itu terjadi selama operasi kebebasan navigasi karena Angkatan Laut AS telah mengerahkan dua kapal induk, dua kapal amfibi, pengawal, dan 26 pesawat tempur gabungan F-35C Lightning II di Samudra Pasifik bagian barat.

Baca juga: Jet Tempur Siluman F-35 AS Jatuh di Kapal Induk, 7 Pelaut Luka
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1953 seconds (11.97#12.26)