AS Tak akan Kirim Pasukan Tempur ke Ukraina, Tapi dengan Catatan

Sabtu, 29 Januari 2022 - 04:51 WIB
loading...
A A A
Komentarnya menunjukkan kekaburan garis antara Ukraina dan NATO, serta mengisyaratkan pasukan NATO akan beroperasi di setiap potensi konflik yang pecah.

Austin juga menyebut upaya berkelanjutan AS untuk menopang militer Ukraina dengan pengiriman senjata.

Dia menyatakan AS telah mengirim bantuan militer senilai USD650 juta ke Kiev pada tahun lalu, dengan Presiden Biden mengesahkan paket senjata anti-tank, peluncur granat, artileri, dan senjata ringan pada Desember. “Pengiriman terbaru tiba pada Jumat,” papar dia.

Baik AS dan NATO secara resmi menolak seruan Rusia untuk perjanjian yang mengikat untuk menghentikan ekspansi aliansi ke timur.

Menentang ekspansi NATO ke bekas negara-negara Pakta Warsawa telah menjadi kebijakan Rusia sejak akhir Perang Dingin, ketika para pemimpin Barat berjanji kepada rekan-rekan Soviet mereka bahwa aliansi itu tidak akan mendorong ke arah timur.

Meskipun janji itu dilanggar pada akhir 1990-an ketika Polandia, Hongaria, dan Republik Ceko bergabung dengan NATO, posisi AS saat ini adalah janji seperti itu tidak pernah dibuat, dan buku keanggotaan NATO harus tetap terbuka, bahkan untuk negara-negara yang berbatasan dengan Rusia.

Berbicara kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron sebelumnya pada Jumat, Putin menyatakan ketidakpuasan dengan penolakan Barat menerima diakhirinya perluasan NATO.

Pesan Kremlin sama tanpa kompromi seperti yang dilakukan Barat dalam beberapa hari terakhir.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada Rabu bahwa, "Jika terserah Federasi Rusia, tidak akan ada perang."

Namun, dia menambahkan, “Moskow tidak akan membiarkan kepentingan kita diserang secara brutal atau diabaikan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)