Rusia Jadi Perang dengan AS dan NATO? Ini Jawaban Moskow

Jum'at, 28 Januari 2022 - 20:03 WIB
loading...
Rusia Jadi Perang dengan AS dan NATO? Ini Jawaban Moskow
Pasukan Rusia dikerahkan di dekat perbatasan Ukraina. Moskow sudah memberi jawaban soal jadi tidaknya perang dengan Amerika Serikat dan NATO. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia sudah memberikan jawaban apakah akan berperang dengan Amerika Serikat (AS) dan NATO. Jawaban ini disampaikan pada Jumat (28/1/2022) setelah tuntutan Moskow soal jaminan keamanan diabaikan NATO dan ketegangan terkait Ukraina semakin memanas.

Berbicara kepada wartawan, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov ditanya apakah perang akan pecah setelah pembicaraan mengenai jaminan bahwa NATO tidak akan ekspansi ke Eropa Timur berakhir dengan jalan buntu.

“Jika terserah Federasi Rusia, tidak akan ada perang,” jawab Lavrov.

"Kami tidak menginginkan perang,” katanya lagi. "[Namun Rusia] tidak akan membiarkan kepentingan kami diserang secara brutal atau diabaikan juga.”



Menurut Lavrov, tanggapan AS terhadap proposal tuntutan Moskow adalah hampir merupakan "model kesopanan diplomatik".

Namun, dia mengatakan bahwa jawaban NATO terhadap dua rancangan dokumen Rusia sangat diideologikan. "Ia mengembuskan eksklusivitas aliansi, misi khususnya, tujuan khususnya," paparnya.

Lavrov melanjutkan dengan menambahkan bahwa jika AS tidak mau mempertimbangkan kembali pendiriannya tentang masalah keamanan, maka Moskow juga tidak siap untuk membuat kompromi atas tuntutannya.

"Jika mereka bersikeras bahwa mereka tidak akan mengubah posisi mereka, kami juga tidak akan mengubah posisi kami,” katanya, seperti dikutip Russia Today.

Komentar itu muncul tak lama setelah Moskow menerima jawaban yang telah lama ditunggu-tunggu atas permintaannya untuk jaminan keamanan, termasuk janji bahwa Ukraina tidak akan diterima di blok NATO.

Pada hari Kamis, Lavrov mengatakan bahwa belum ada tanggapan positif terhadap kekhawatiran inti Moskow dalam dokumen yang diberikan oleh pihak Amerika setelah berminggu-minggu pembicaraan dengan rekan-rekan mereka.

“Masalah utamanya adalah posisi kami yang jelas tentang tidak dapat diterimanya ekspansi NATO lebih lanjut ke [Eropa] Timur dan penyebaran senjata yang sangat merusak yang dapat mengancam wilayah Federasi Rusia,” jelas Lavrov.

Kremlin juga mengecam tanggapan tersebut, dengan alasan bahwa permintaan dari pejabat Moskow belum sepenuhnya diperhitungkan oleh Washington dan blok militer pimpinan AS.

Namun pada saat yang sama, menurut juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, “Ada dan harus selalu ada prospek untuk dialog lebih lanjut.”

"Tetapi untuk dialog substantif pada draf dokumen, ada masalah yang sifatnya berbeda, tetapi saya tidak akan maju sendiri," katanya.

Bulan lalu, Rusia menyerahkan dua rancangan perjanjian, satu ditujukan kepada Washington dan lainnya kepada NATO, yang dikatakan bertujuan untuk mengurangi risiko konflik di benua Eropa.

Moskow meminta agar blok tersebut menahan diri dari aktivitas militer apa pun di wilayah bekas negara-negara Pakta Warsawa yang bergabung setelah 1997, setelah runtuhnya Uni Soviet.

Sekjen blok militer pimpinan AS, Jens Stoltenberg, mengatakan tidak dapat diterima untuk menciptakan sistem "dua tingkat" yang mencegahnya terlibat dalam aktivitas dengan beberapa negara anggota.

Klausul terpisah juga menuntut agar ambisi Ukraina untuk bergabung dengan blok pimpinan AS tidak boleh dikabulkan. Mengesampingkan ekspansi NATO lebih dekat ke perbatasan Rusia telah menjadi tuntutan utama dari pejabat Rusia, dengan Peskov berpendapat bahwa itu adalah pertanyaan "hidup atau mati".
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)