Moskow Tuding NATO Lakukan Latihan Serangan Nuklir Terhadap Rusia

Jum'at, 28 Januari 2022 - 01:35 WIB
loading...
Moskow Tuding NATO Lakukan Latihan Serangan Nuklir Terhadap Rusia
Moskow tuding NATO lakukan latihan serangan nuklir terhadap Rusia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - NATO sedang mengembangkan kapasitas untuk serangan nuklir yang menghancurkan terhadap Rusia . Pengembangan ini termasuk melibatkan anggota aliansi yang tidak memiliki senjata seperti itu dalam operasi pelatihan.

Tudingan ini dilontarkan Direktur Departemen Pengendalian Senjata dan Nonproliferasi di Kementerian Luar Negeri Rusia, Vladimir Yermakov.

Dalam sebuah wawancara, Yermakov mengatakan Amerika Serikat (AS) sedang dalam proses memodernisasi kemampuan nuklirnya di Eropa dan telah mengerahkan rudal di beberapa wilayah negara anggota lainnya.

“Menurut analisis ahli, ada lima negara NATO non-nuklir yang memiliki sekitar 200 bom nuklir B61 Amerika,” kata Yermakov.



“Ada juga infrastruktur untuk mendukung penyebaran operasional senjata ini, yang mampu mencapai wilayah Rusia dan menyerang berbagai lokasi, termasuk yang strategis,” ia menambahkan seperti disitir dari Russia Today, Jumat (28/1/2022)

Yermakov menekankan bahwa sementara rudal dikendalikan oleh Washington, pengembangan nuklir adalah upaya kolaboratif.

"Ada 'misi nuklir bersama' antara negara-negara NATO, di mana anggota non-nuklir aliansi mengambil bagian dalam sesi pelatihan untuk mengembangkan kemampuan nuklir Amerika melawan kami," ujarnya.

Yermakov juga mengatakan bahwa penarikan senjata nuklir AS dari Eropa adalah salah satu tujuan utama Moskow dalam negosiasi keamanan yang sedang berlangsung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)