PM Thailand Kunjungi Arab Saudi, 33 Tahun usai Skandal Pencurian Berlian Pangeran Faisal

Senin, 24 Januari 2022 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan kunjungan itu dilakukan di tengah konsultasi yang membawa pandangan lebih dekat tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

"Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengoordinasikan masalah-masalah tertentu," bunyi pernyataan tersebut, tanpa memberikan rincian.

Arab Saudi telah lama menuduh polisi Thailand ceroboh dalam penyelidikan pencurian tersebut, di mana tuduhan bahwa sejumlah berlian yang dicuri diambil oleh perwira senior.

"Blue Diamond Affair" tetap menjadi salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan di Thailand dan diikuti oleh jejak kehancuran berdarah yang melibatkan beberapa jenderal polisi Thailand.

Setahun setelah pencurian, tiga diplomat Arab Saudi di Thailand tewas dalam tiga pembunuhan terpisah dalam satu malam.

Riyadh mengirim seorang pengusaha Saudi, Mohammad al-Ruwaili, untuk menyelidiki tetapi dia menghilang di Bangkok sebulan kemudian.

Pada tahun 2014, karena kurangnya bukti, sebuah kasus dijatuhkan terhadap lima pria, termasuk seorang polisi senior Thailand, yang dituduh terlibat dalam pembunuhan al-Ruwaili.

Arab Saudi belum mengirim duta besar ke Thailand selama beberapa dekade dan membatasi perjalanan antarnegara.

Thailand sangat ingin menormalkan hubungan dengan kerajaan kaya minyak itu setelah pertengkaran yang menelan biaya miliaran dolar dalam perdagangan dua arah dan pendapatan pariwisata dan hilangnya pekerjaan bagi puluhan ribu pekerja migran Thailand.

Kriangkrai Techamong yang dituduh sebagai pelaku pencurian itu menjalani hukuman lima tahun penjara. Dia kemudian menjadi biksu pada tahun 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)