PM Thailand Kunjungi Arab Saudi, 33 Tahun usai Skandal Pencurian Berlian Pangeran Faisal

Senin, 24 Januari 2022 - 08:29 WIB
loading...
PM Thailand Kunjungi Arab Saudi, 33 Tahun usai Skandal Pencurian Berlian Pangeran Faisal
Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha akan mengunjungi Arab Saudi, 33 tahun setelah skandal pencurian berlian Pangeran Faisal bin Fahd oleh petugas kebersihan asal Thailand. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Perdana Menteri (PM) Thailand Prayuth Chan-ocha akan mengunjungi Arab Saudi mulai Selasa (25/1/2022). Kunjungan ini atas undangan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS)

Itu akan jadi kunjungan pertama setelah 33 tahun skandal pencurian sejumlah berlian milik Pangeran Faisal bin Fahd oleh petugas kebersihan Thailand tahun 1989.

Baca juga: Mengapa Putri-putri Cantik Kerajaan Arab Saudi Ini Tak Berhijab?

Skandal yang dinamakan "Blue Diamond Affair" inilah yang membuat kedua negara terlibat pertikaian diplomatik selama bertahun-tahun.

Riyadh telah menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Bangkok setelah pencurian sejumlah berlian senilai USD20 juta (Rp286,7 miliar) tersebut.

Perhiasan mahal itu dicuri petugas kebersihan asal Thailand yang bekerja di istana Pangeran Faisal bin Fahd. Misteri kasus ini tak pernah terselesaikan.

Polisi Thailand telah mengembalikan beberapa perhiasan yang dicuri, tetapi pejabat Saudi mengeklaim sebagian besar perhiasan yang dikembalikan adalah palsu.



Keberadaan perhiasan utama, yakni berlian biru 50 karat yang langka, masih belum diketahui.

Pemerintah Thailand dalam sebuah pernyataan membenarkan bahwa undangan kunjungan dua hari untuk PM Prayuth Chan-ocha ke Arab Saudi dikeluarkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

"Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kepala pemerintahan antara kedua negara dalam lebih dari 30 tahun," bunyi pernyataan tersebut, seperti dikutip Al Jazeera, Senin (24/1/2022).
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3428 seconds (11.97#12.26)