Pesawat Bantuan Asing Pertama dari Selandia Baru Tiba di Tonga

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:10 WIB
loading...
Pesawat Bantuan Asing Pertama dari Selandia Baru Tiba di Tonga
Pesawat bantuan asing pertama dari Selandia Baru tiba di Tonga. Foto/SF Gate
A A A
NUKUALOFA - Pesawat bantuan asing pertama telah tiba di Tonga , membawa air dan pasokan yang sangat dibutuhkan untuk negara Pasifik itu.

Selandia Baru mengatakan pesawat militernya mendarat di bandara utama Tonga setelah para pekerja membersihkan abu dari landasan pada Kamis (20/1/2022).

Pesawat dan kapal lain yang dikirim oleh Selandia Baru dan Australia saat ini sedang dalam perjalanan.

Letusan gunung berapi bawah laut pada hari Sabtu lalu disusul gelombang tsunami telah meluluhlantakkan Tonga. Bencana alam itu juga membuat abu vulkanik menyelimuti pulau-pulau di Tonga, menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Abu dan air laut telah mencemari persediaan air bersih di negara itu.

Setidaknya tiga orang meninggal dan komunikasi telah lumpuh akibat bencana itu. Tonga kini baru saja mulai membangun kembali kontak global setelah lima hari terputus dari seluruh dunia.

Lapisan abu tebal menutupi landasan pacu bandara di ibu kota Nuku'alofa, mencegah pesawat mendarat.



"Pesawat diperkirakan akan berada di darat hingga 90 menit sebelum kembali ke Selandia Baru," kata Menteri Pertahanan Selandia Baru Peeni Henare seperti dilansir dari BBC.

Henare sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa kapal pemasok akan membawa lebih dari 250.000 liter air tawar dan peralatan desalinasi, yang digunakan untuk memisahkan garam dari air.

“Hal paling mendesak yang datang dari pemerintah Tonga adalah kebutuhan air bersih,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)