Lapisan Abu Tebal Disingkirkan dari Bandara Tonga, Arus Bantuan Siap Masuk

Rabu, 19 Januari 2022 - 22:43 WIB
loading...
Lapisan Abu Tebal Disingkirkan dari Bandara Tonga, Arus Bantuan Siap Masuk
Kondisi Tonga usai dihantam tsunami dan ledakan gunung berapi bawah laut. FOTO/Reuters
A A A
WELLINGTON - Tonga memindahkan lapisan abu tebal dari landasan pacu internasional pada Rabu (19/1/2022), setelah berhari-hari berusaha keras membuka jalan bagi bantuan darurat yang sangat dibutuhkan untuk tiba di negara yang terisolasi dan dilanda bencana itu.

Koordinator krisis PBB, Jonathan Veitch mengatakan, bahwa landasan pacu di pulau utama Kerajaan Pasifik, yang pernah terkubur dalam abu vulkanik setinggi lima hingga 10 sentimeter, kembali beroperasi.



“Ini dibersihkan, tetapi belum digunakan. Tonga dapat menerima banyak penerbangan yang macet dari Australia dan Selandia Baru mulai Kamis (20/1/2022),” kata Veitch pada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia, (19/1/2022).

Tiga orang tewas ketika gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meledak pada hari Sabtu, memicu gelombang tsunami yang meruntuhkan rumah dan menyebabkan banjir yang meluas.

Pemerintah Tonga yang kewalahan menyebut letusan ganda-tsunami sebagai "bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya" dan melaporkan bahwa gelombang setinggi 15m menghancurkan hampir setiap rumah di beberapa pulau terpencil.



Hampir seluruh populasi 100.000 orang telah terpengaruh, dan penilaian awal menunjukkan kebutuhan mendesak akan air minum. Ketika kaldera bawah laut meledak, ia menembakkan puing-puing sejauh 30 km ke udara dan menyimpan abu dan hujan asam di seluruh kerajaan 170 pulau dan meracuni persediaan air.

"Pasokan air di seluruh Tonga sangat terpengaruh oleh hujan abu dan air asin dari tsunami," kata Katie Greenwood dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. “Ada risiko penyakit yang meningkat seperti kolera dan diare," lanjutnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)