Pesawat Bantuan Asing Pertama dari Selandia Baru Tiba di Tonga

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:10 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang mengatakan tugas pertama kapal angkatan laut Selandia Baru, HMNZS Wellington, adalah untuk melihat saluran pengiriman dan pendekatan dermaga ke pelabuhan Tonga guna memastikan kendaraan dapat melewatinya.

Sementara itu Gereja Mormon, Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mengatakan telah menyediakan tempat berlindung yang signifikan dan pasokan air bersih kepada penduduk setempat dalam beberapa hari terakhir.

Hingga saat ini kontak dengan Tonga tetap terbatas. Sambungan 2G telah dipulihkan oleh penyedia telekomunikasi Digicel tetapi saluran tersebut kewalahan oleh banyaknya permintaan.

Kabel bawah laut utama yang terputus yang menghubungkan negara pulau terpencil itu dengan dunia luar mungkin juga membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk diperbaiki.

Gambar-gambar yang baru-baru ini dirilis dari konsulat Tonga di Uni Eropa, telah menunjukkan tingkat kerusakan termasuk mobil, jalan dan bangunan di Nuku'alofa yang dilapisi lapisan abu.

Sementara itu gambar udara yang diambil oleh Angkatan Udara Selandia Baru menunjukkan bahwa beberapa desa telah musnah di pulau-pulau yang belum terjangkau.



Ledakan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai terasa hingga ke Amerika Serikat (AS). Di Peru, dua orang tenggelam dalam gelombang tinggi yang tidak normal sementara pantai di dekat ibu kota Lima ditutup setelah tumpahan minyak.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)