Pemimpin Hindu Serukan Genosida Muslim India, Mengapa PM Modi Diam?

Kamis, 20 Januari 2022 - 14:47 WIB
loading...
Pemimpin Hindu Serukan Genosida Muslim India, Mengapa PM Modi Diam?
Perdana Menteri India Narendra Modi memilih diam atas seruan genosida Muslim oleh para pemimpin nasionalis Hindu. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi memilih diam dengan seruan gonosida Muslim oleh para pemimpin nasionalis Hindu.

Sikap diamnya dikhawatirkan akan ditafsirkan sebagai dukungan diam-diam atas seruan berbahaya tersebut.

Mahkamah Agung turun tangan setelah menerima petisi untuk menindak para pemimpin nasional Hindu yang membuat seruan genosida terhadap Muslim India.



Pemberitahuan penyelidikan dikeluarkan Mahkamah Agung minggu lalu untuk negara bagian utara Uttarakhand, di mana sebuah konferensi nasionalis Hindu di kota Haridwar dihadiri oleh ratusan aktivis sayap kanan.

“Kita harus bersiap untuk membunuh atau dibunuh,” kata salah satu pembicara, Swami Prabodhananda Giri, pada konferensi tiga hari, yang diadakan 17-19 Desember 2021.

Acara serupa juga digelar di Delhi.

Sentimen anti-Muslim telah meningkat di India yang mayoritas Hindu di bawah PM Modi, seorang nasionalis Hindu.

Tetapi, kata para pakar, seruan kekerasan baru-baru ini mengejutkan ekstremitas mereka, melampaui pidato kebencian karena menyerukan pembersihan etnis.

Menurut petisi yang diajukan ke Mahkamah Agung, pidato para pemimpin nasionalis di Haridwar sama dengan seruan terbuka untuk pembunuhan seluruh komunitas.

"Pidato-pidato tersebut menimbulkan ancaman besar tidak hanya bagi persatuan dan integritas negara kita tetapi juga membahayakan kehidupan jutaan warga Muslim,” bunyi petisi tersebut.

Beberapa pemimpin Hindu telah ditangkap. Namun, pemerintah maupun PM Modi belum berkomentar.

Diamnya PM Modi, kata para kritikus, dapat ditafsirkan oleh kubu nasionalis Hindu sebagai dukungan diam-diam.

“Untuk memberikan pidato menentang kami dan mengatakan Anda ingin mengusir seluruh penduduk berdasarkan agama mereka, saya tidak mengerti bagaimana mereka bisa mengabaikan ini,” kata Maulana Mahmood Madani, presiden Jamiat Ulama-e-Hind, yang menjelaskan dirinya sebagai organisasi Muslim terbesar di India.

Sejak Modi mengkonsolidasikan kekuasaan dengan pemilihannya kembali pada tahun 2014, Muslim di India-yang merupakan sekitar 14 persen dari populasi, telah menghadapi peningkatan kekerasan, diskriminasi dan penganiayaan pemerintah.

Serangan dari nasionalis Hindu berkisar dari perusakan properti dan gangguan layanan keagamaan hingga massa yang mematikan.

Orang-orang yang memiliki hubungan dengan Partai Bharatiya Janata (BJP), partai berkuasa pimpinan Modi, hadir di kedua konferensi tersebut.

Acara Delhi diselenggarakan 19 Desember oleh Hindu Yuva Vahini, sebuah kelompok pemuda sayap kanan yang didirikan oleh Yogi Adityanath, seorang anggota BJP dan sekutu dekat Modi yang merupakan menteri utama negara bagian Uttar Pradesh.

Di Haridwar, hadirin termasuk Ashwini Upadhyay, mantan juru bicara BJP Delhi dan anggota partai saat ini.

Dalam video yang dibagikan di Twitter, Upadhyay mengatakan dia berada di acara tersebut selama setengah jam pada hari terakhir dan berbicara selama 10 menit. Adityanath tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

“Fakta bahwa perdana menteri belum berbicara menentangnya, itu adalah bentuk penolakan, bentuk izin untuk melanjutkan jenis ekstremisme agama ini,” kata Gregory H. Stanton, presiden Genocide Watch, sebuah organisasi nirlaba berbasis di Amerika Serikat (AS) seperti dikutip dari NBC News, Kamis (20/1/2022).

Pemimpin BJP Shant Prakash Jatav mengatakan kepada NBC News bahwa partai akan memastikan rasa hormat terhadap orang-orang dari semua agama.

“Jika dan ketika seseorang berbicara menentang suatu agama, maka ada hukum dan ketertiban yang tepat untuk menentangnya, dan tindakan hukum akan diambil,” katanya.

Rakendra Singh, seorang petugas polisi di Haridwar, mengatakan pada 6 Januari bahwa dua orang yang berbicara pada acara tersebut di sana, Annapurna Maa dan Jitendra Narayan Singh Tyagi, telah dipanggil untuk memberikan pernyataan atas kecurigaan memprovokasi kerusuhan.

Maa dan Tyagi, seorang pemeluk agama Hindu baru-baru ini yang sebelumnya dikenal sebagai Wasim Rizvi, tidak menanggapi permintaan komentar.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)