Inilah Giri, Biksu Hindu yang Serukan Genosida Muslim India

Rabu, 19 Januari 2022 - 03:42 WIB
loading...
Inilah Giri, Biksu Hindu yang Serukan Genosida Muslim India
Yati Narsinghanand Giri, biksu Hindu di India yang ditangkap polisi setelah membuat seruan genosida terhadap umat Muslim setempat. Foto/via wefornews
A A A
NEW DELHI - Yati Narsinghanand Giri, biksu Hindu di India telah menyerukan genosida terhadap umat Muslim setempat. Dia telah dibawa ke pengadilan atas tuduhan menghasut kekerasan agama.

Perwira polisi senior, Swatantra Kumar, seperti dikutip AP padaSelasa (18/1/2022), mengatakan biksu yang juga dikenal sebagai pendukung vokal kelompok nasionalis sayap kanan mengepalai sebuah biara Hindu.



Dia awalnya ditangkap pada hari Sabtu pekan lalu atas tuduhan bahwa dia melontarkan ujaran kebencian.

Dia muncul keesokan harinya di pengadilan di kota Haridwar, di mana dia dikirim ke penjara selama 14 hari karena pidato kebencian terhadap Muslim dan menyerukan kekerasan terhadap mereka.

Kumar mengatakan biksu Giri, yang dia gambarkan sebagai "pelanggar yang berulang kali", secara resmi diadili hari Senin karena mempromosikan permusuhan antara kelompok yang berbeda atas dasar agama.

Tuduhan itu dapat membawa hukuman penjara lima tahun.

Pada bulan Desember, Giri dan para pemimpin agama lainnya meminta umat Hindu mempersenjatai diri untuk genosida terhadap umat Muslim selama pertemuan di Haridwar, kota suci utara di Uttarakhand.

Dia adalah orang kedua yang ditangkap dalam kasus tersebut setelah Mahkamah Agung India turun tangan pekan lalu.

Negara bagian Uttarakhand diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP), partai nasionalis Hindu piminan Perdana Menteri Narendra Modi.

Naiknya BJP ke tampuk kekuasaan pada tahun 2014, dan kemenangannya lagi dalam pemilu pada tahun 2019, telah menyebabkan lonjakan serangan terhadap Muslim dan minoritas lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)