Arab Saudi Sudah Amankan 300 Ribu Lebih Ranjau Houthi di Yaman

Selasa, 18 Januari 2022 - 00:15 WIB
loading...
Arab Saudi Sudah Amankan 300 Ribu Lebih Ranjau Houthi di Yaman
Arab Saudi sudah amankan 300 Ribu lebih ranjau Houthi di Yaman. FOTO/SPA
A A A
RIYADH - Proyek Arab Saudi untuk Pembersihan Ranjau Darat di Yaman berhasil membongkar 4.739 ranjau Houthi pada minggu kedua Januari 2022. Angka ini termasuk 26 ranjau anti-personel, 2.389 ranjau anti-tank, 2.230 ordonansi yang tidak meledak dan 94 alat peledak lainnya.

Seperti dilaporkan Arab News, Minggu (16/1/2022), proyek ini merupakan salah satu dari beberapa inisiatif yang dilakukan oleh Arab Saudi untuk membantu meringankan penderitaan rakyat Yaman. Penghancuran ranjau pada pekan ini berlangsung di Marib, Aden, Jouf, Shabwa, Taiz, Hodeidah, Lahij, Sanaa, Al-Bayda, Al-Dhale dan Saada.



Tim penjinak ranjau mengungkapkan, Houthi tak hanya memasang ranjau di darat, tapi juga di laut. Dilaporkan, Houthi meletakkan 15 ranjau di Laut Merah, 8 di antaranya terdeteksi di lepas pantai provinsi Hajjah, Saba News melaporkan.

Tim selanjutnya menghancurkan lima ranjau yang terdeteksi. Sebelumnya pada bulan Desember, koalisi mengatakan, sebuah ranjau yang diletakkan oleh Houthi menghantam sebuah kapal kargo komersial di Laut Merah selatan. Koalisi mengatakan kapal itu mengalami kerusakan kecil, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Dampak ranjau yang ditebar Houthi di Yaman tak hanya berpotensi merenggut nyawa, tapi juga berpengaruh pada perekonomian warga Yaman.



“Ranjau darat yang dipasang Houthi tidak hanya membunuh dan melukai banyak warga sipil, tetapi juga mencegah warga Yaman yang rentan untuk memanen tanaman dan mengambil air bersih yang sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup,” kata Priyanka Motaparthy, penjabat direktur darurat di Human Rights Watch.

“Tambang juga telah mencegah kelompok bantuan membawa makanan dan perawatan kesehatan kepada warga sipil Yaman yang semakin lapar dan sakit,” lanjutnya.



Human Rights Watch menemukan bukti bahwa selain memasang ranjau darat anti-personel, pasukan Houthi juga menanam ranjau anti-kendaraan di wilayah sipil, memodifikasi ranjau anti-kendaraan untuk meledak dari berat seseorang, dan menyamarkan alat peledak rakitan sebagai batu atau bagian dari batang pohon.

Sebanyak 308.018 ranjau telah dibersihkan sejak dimulainya proyek Arab Saudi untuk Pembersihan Ranjau Darat. Diketahui, lebih dari 1,2 juta ranjau telah ditanam oleh Houthi sepanjang perang di Yaman. Ranjau-ranjau terebut telah merenggut nyawa ratusan warga sipil tak berdosa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)