AS Bisa Bawa 100 Bom Nuklir di Depan Pintu China dan Beijing Tak Dapat Berbuat Banyak

Senin, 17 Januari 2022 - 15:20 WIB
loading...
AS Bisa Bawa 100 Bom Nuklir di Depan Pintu China dan Beijing Tak Dapat Berbuat Banyak
USS Nevada, kapal selam pembawa puluhan hulu ledak nuklir AS sempat muncul di dekat Taiwan pekan lalu. Foto/US Navy
A A A
WASHINGTON - Pakar militer Washington menggambarkan munculnya kapal selam Amerika Serikat (AS) dengan puluhan hulu ledak nuklir di dekat Taiwan membawa pesan kuat untuk China . Kapal USS Nevada itu kini berada di pangkalan Amerika di Guam.

Selain China, pesan melalui kapal selam bertenaga nuklir itu juga ditujukan untuk Korea Utara (Korut).

“Itu mengirimkan pesan–disengaja atau tidak: kami dapat memarkir 100 hulu ledak nuklir aneh di depan pintu Anda dan Anda bahkan tidak akan mengetahuinya atau tidak dapat berbuat banyak," kata Thomas Shugart, mantan kapten kapal selam Angkatan Laut AS dan sekarang menjadi analis di Center for a New American Security, seperti dikutip CNN, Senin (17/1/2022).

"Dan kebalikannya tidak benar dan tidak akan untuk sementara waktu," lanjut Shugart.

Baca juga: Bikin Marah China, Kapal Selam Rudal Nuklir AS Singgah di Dekat Taiwan

USS Nevada, salah satu senjata paling kuat di gudang senjata Angkatan Laut AS, membuat panggilan singgah secara langka di pangkalan Guam selama akhir pekan lalu setelah sebelumnya muncul di dekat Taiwan.



USS Nevada adalah kapal selam bertenaga nuklir kelas Ohio yang membawa 20 rudal balistik Trident dan puluhan hulu ledak nuklir.

Kunjungan langkanya ke Guam adalah kunjungan pertama dari kapal selam rudal balistik AS sejak 2006 dan merupakan kunjungan kedua sejak 1980-an.

USS Nevada terkadang disebut sebagai "boomer" karena banyaknya senjata mematikan yang dibawa.

“Kunjungan pelabuhan itu memperkuat kerja sama antara Amerika Serikat dan sekutu di kawasan itu, menunjukkan kemampuan, fleksibilitas, kesiapan, dan komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik,” bunyi pernyataan resmi Angkatan Laut AS.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2297 seconds (10.55#12.26)