Begini Cara Arab Saudi Membuat Air Bersih

Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:29 WIB
loading...
Begini Cara Arab Saudi Membuat Air Bersih
Proyek desalinasi penghasil air bersih di Jubail, Saudi Arabia. Foto/worldfinance.com
A A A
RIYADH - Arab Saudi adalah salah satu negara terkaya di dunia yang mengandalkan minyak bumi sebagai tiang pancang perekonomiannya. Sayangnya, negeri Raja Salman itu tidak memiliki sumber air yang cukup karena sebagian besar wilayahnya merupakan padang pasir.

Padahal, Saudi masuk ke daftar negara dengan tingkat konsumsi air tertinggi. Lantas, bagaimana Saudi menyediakan air bersih demi menghidupi masyarakatnya?

Melansir laman US-Saudi Business Council, Kerajaan Arab Saudi mulai mengembangkan proyek Independent Water and Power Projects (IWPPs) sejak tahun 2002.

Baca juga: Balas Dendam, Iran Rilis Video Animasi Serangan Drone di Kediaman Trump

Desalinasi adalah cara tepat yang dilakukan pemerintah Saudi. Penjelasan yang diberikan dalam Jurnal Pengembangan Energi Nuklir berjudul Uraian Umum Tentang Teknologi Desalinasi, desalinasi merupakan proses pemisahan kadar garam pada air laut dan menghasilkan air bersih.

Baca juga: BREAKING NEWS: Korut Kembali Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik



Meskipun banyak cara dalam desalinasi, namun tujuannya tetap sama yakni memproduksi air bersih dari air laut maupun air payau.

Baca juga: Pentagon Sempat Yakin Rudal Korut Menuju Amerika Serikat

Teknologi desalinasi ini telah digunakan hampir 100 negara. Sementara itu, ada 10 negara yang memiliki kapasitas desalinasi dan hampir separuhnya berada di Timur Tengah (termasuk Saudi) dan Afrika.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1239 seconds (10.55#12.26)