Adil Makki, Pengusaha Arab Keturunan Indonesia yang Dekat Raja Salman

Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:59 WIB
loading...
Adil Makki, Pengusaha Arab Keturunan Indonesia yang Dekat Raja Salman
Chairman hospitality committee JCCI Adil A Munief Mohammed Makki (kiri), Sekretaris Jenderal Kamar Dagang Jeddah Hassan bin Ibrahim Dahlan dan GM Renad Khalid H Nagro saat Jeddah Food Festival di JCCI pada 24 Maret 2017. Foto/arab news/Fouzia Khan
A A A
RIYADH - Nama Adil Makki pernah mencuri perhatian publik saat kunjungan Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 2017 lalu.

Pria dengan nama lengkap Adil A Munief Mohammed Makki adalah salah satu di antara ribuan rombongan yang turut menemani Raja Salman. Meski berpenampilan layaknya orang Arab, ternyata Adil Makki memiliki darah Indonesia.

Terlahir dengan nama lengkap Adil Abdul Manief Makki, garis keturunan pengusaha muda ini terhubung dengan Kyai Haji (KH) Zainul Arifin Pohan, seorang politisi, tokoh Nahdlatul Ulama sekaligus pahlawan nasional.

Baca juga: Balas Dendam, Iran Rilis Video Animasi Serangan Drone di Kediaman Trump

Semasa Perdana Menteri (PM) Ali Sostroamidjoyo menjabat pada 1953 hingga 1955, KH Zainul menjadi Wakil Perdana Menteri II dalam Kabinet Ali Sastroamijoyo I tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Korut Kembali Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik



Ibu Adil adalah orang Indonesia, cucu KH Zainul Arifin. Sementara ayahnya, warga Arab Saudi.

Baca juga: Pentagon Sempat Yakin Rudal Korut Menuju Amerika Serikat

Adil lahir dan besar di Arab Saudi. Meski begitu, dia tidak melupakan darah Indonesianya. Terbukti, Adil bisa berbahasa Indonesia berkat ajaran sang ibu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1503 seconds (11.252#12.26)