Kisah Operasi Morvarid: Iran Hancurkan AL Irak Hanya dalam Sehari

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Pada tanggal 28 November 1980, F-4 Phantom dan F-5 Tiger II Iran menyerang lapangan udara Irak di sekitar Basra.

Mereka mampu menghancurkan satu MiG-21 Fishbed Irak di darat. Pada 29 November, enam kapal dari Satuan Tugas 421 Angkatan Laut Republik Islam Iran mengerahkan Marinir Iran di terminal minyak Irak di Mina al Bakr dan Khor-al-Amaya.

Marinir, yang didukung oleh AH-1J Sea Cobra, Bell 214, dan CH-47C Chinook, menembak mati sebagian besar pasukan Irak selama baku tembak singkat dan kemudian mengerahkan banyak bom dan ranjau. Mereka kemudian dievakuasi dengan helikopter dan meninggalkan instalasi minyak Irak dan pangkalan peringatan dini terbakar.

Pada saat itu, kapal rudal Osa Angkatan Laut Irak yang lebih kuat dan kapal torpedo P-6 sepanjang 25 meter bergegas ke tempat kejadian, bertujuan untuk menyadari kerusakan platform dengan darah.

Pengebom tempur MiG-23BN dan pencegat MiG-23MF meraung ke dalam pertempuran bersama helikopter Angkatan Laut Super Frelon buatan Prancis yang dipersenjatai dengan rudal Exocet. Kapal rudal Iran, yang kehabisan amunisi, melakukan yang terbaik untuk menggunakan platform minyak yang rusak untuk menutupi serangan rudal Irak.

Baik kapal Iran dan Irak saling menembakkan rudal intensif, dengan rudal Harpoon Iran mencetak beberapa pukulan dan menenggelamkan dua Osas. Namun, setelah beberapa saat, Peykan diserang oleh tiga kapal Osa II lagi, dan para kru meminta bantuan TASMO (dukungan udara taktis untuk operasi maritim) yang disebut IRIAF.

Paykan menghindari sejumlah rudal sebelum dia melihat sekilas rudal SS-N-2 Styx seberat 5.700 pon yang meledak di dekatnya. Senapan deknya tetap berhasil menjatuhkan jet serang Su-22 berat yang melayang di atas. Ia kemudian menembakkan rudal Harpoon terakhirnya dan menenggelamkan kapal Irak lainnya tetapi terkena rudal yang ditembakkan oleh helikopter Irak.

Namun, komando Angkatan Laut Iran menolak permintaan dari komandan kapalnya untuk mundur. Itu karena tugas mereka adalah menjepit Angkatan Laut Irak sehingga bisa terkena serangan balik yang masuk dari Angkatan Udara Iran.

Dua jet Phantom, keduanya dipersenjatai dengan enam rudal udara ke darat AGM-65A Maverick, datang untuk menyelamatkan Paykan dan dengan cepat menenggelamkan dua atau tiga kapal torpedo P-6 menggunakan rudal Maverick.

Namun, mereka tidak dapat mencapai lokasi pertempuran laut sebelum Peykan menyerah pada serangan dua rudal permukaan ke permukaan SS-N-2 Styx. Awak Phantom menembaki setiap kapal Irak yang dapat ditemukan: tiga Osa II, serta empat P-6 Irak, dapat ditenggelamkan dalam waktu kurang dari lima menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)