Kisah Operasi Morvarid: Iran Hancurkan AL Irak Hanya dalam Sehari

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Beberapa menit kemudian, empat F-4D dari Shiraz mengebom pelabuhan Al Faw dan depot serta magasin yang berdekatan dengan bom berpemandu laser, sementara lokasi rudal permukaan ke udara (SAM) Irak di sekitarnya dihantam oleh F-4E dan F-5E Iran.

Dalam pertukaran tembakan untuk menenggelamkan Paykan, Angkatan Laut Irak kehilangan sekitar 80% dari kekuatannya.

Irak sudah hancur oleh penghancuran besar-besaran fasilitas mereka dan menderita kerugian besar. Penghancuran situs SAM Irak dan peralatan radar dan pemantauan memungkinkan IRIAF untuk menyerang melalui Irak selatan lagi.

Operasi Morvarid, sukses besar bagi Iran, dihentikan dalam waktu kurang dari 12 jam. Mereka berhasil menenggelamkan hingga 7 kapal motor torpedo dan lima kapal rudal atau hampir 80% Angkatan Laut Irak.

Operasi itu juga menghancurkan terminal minyak di Mina al Bakr dan Khor-al-Amaya, dan memblokir pelabuhan Al Faw. Irak juga kehilangan satu MiG-21, enam MiG-23MS, satu MiG-23BN, dan satu Super Frelon.

IRIAF menderita kehilangan satu F-4E yang ditembak jatuh dan satu rusak.

Bahkan lebih signifikan, hilangnya terminal memotong produksi minyak Irak menjadi hanya 17% dari hasil sebelum perang dari 3,25 juta barel per hari menjadi hanya 550.000 barel.

Karena Saddam Hussein telah menggigit jauh lebih banyak daripada yang bisa dia kunyah dengan menginvasi Iran, dia semakin harus mengambil pinjaman besar dari negara-negara Arab tetangga untuk membeli sejumlah besar peralatan militer yang dibutuhkan Irak untuk tetap berperang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)