Jaringan Pemeriksa Fakta Dunia Ungkap Dosa-dosa YouTube

Kamis, 13 Januari 2022 - 14:33 WIB
loading...
A A A
“Dengan mempertimbangkan semua ini, kami mengusulkan beberapa solusi yang akan membuat banyak perbedaan dalam mengurangi penyebaran disinformasi dan misinformasi di YouTube,” ujar mereka.

Mereka menuntut komitmen terhadap transparansi yang berarti tentang disinformasi di platform: YouTube harus mendukung penelitian independen tentang asal-usul berbagai kampanye misinformasi, jangkauan dan dampaknya, dan cara paling efektif untuk menghilangkan prasangka informasi palsu.

Jaringan itu menyeru YouTube juga harus mempublikasikan kebijakan moderasi penuh mengenai disinformasi dan misinformasi, termasuk penggunaan kecerdasan buatan dan data mana yang mendukungnya.

“Selain menghapus konten untuk kepatuhan hukum, fokus YouTube seharusnya adalah menyediakan konteks dan menawarkan sanggahan, yang ditumpangkan dengan jelas pada video atau sebagai konten video tambahan. Itu hanya bisa datang dari masuk ke dalam kolaborasi yang bermakna dan terstruktur dengan mengambil tanggung jawab dan secara sistematis berinvestasi dalam upaya pengecekan fakta independen di seluruh dunia yang bekerja untuk memecahkan masalah ini,” papar surat terbuka itu.

Jaringan itu meminta YouTube bertindak terhadap pelanggar berulang yang menghasilkan konten yang terus-menerus ditandai sebagai disinformasi dan misinformasi, terutama mereka yang memonetisasi konten tersebut di dalam dan di luar platform, terutama dengan mencegah rekom algoritme perbaikan dari mempromosikan konten dari sumber informasi yang salah tersebut.

“Perluas upaya saat ini dan di masa mendatang melawan disinformasi dan misinformasi dalam bahasa yang berbeda dari bahasa Inggris, dan berikan data khusus negara dan bahasa, serta layanan transkripsi yang berfungsi dalam bahasa apa pun,” ungkap surat terbuka itu.

Surat terbuka itu diakhiri dengan penegasan, “Kami harap Anda akan mempertimbangkan untuk menerapkan ide-ide ini demi kebaikan publik dan menjadikan YouTube sebagai platform yang benar-benar melakukan yang terbaik untuk mencegah disinformasi dan misinformasi yang dipersenjatai terhadap penggunanya dan masyarakat luas. Kami siap dan dapat membantu YouTube. Kami ingin bertemu dengan Anda untuk membahas masalah ini dan menemukan cara untuk berkolaborasi, dan menantikan tanggapan Anda terhadap tawaran ini.”

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)