Rusia Luncurkan Pesawat Pembom Terbaru di Tengah Ketegangan Terkait Ukraina

Kamis, 13 Januari 2022 - 03:18 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Pesawat Pembom Terbaru di Tengah Ketegangan Terkait Ukraina
Rusia luncurkan pesawat pembom terbaru Tupolev Tu-160 yang dijuluki White Swan. Foto/TASS
A A A
MOSKOW - Militer Rusia meluncurkan pesawat pembom terbaru Tupolev Tu-160M pada Rabu (12/1/2022) di tengah ketegangan dengan Ukraina . Pesawat yang dijuluki White Swan itu memiliki kemampuan untuk membawa rudal strategis.

“Pada 12 Januari, pembom pembawa rudal strategis Tu-160M pertama yang baru dibangun melakukan penerbangan debutnya dari aerodrome Kazan Aviation Enterprise, anak perusahaan dari Perusahaan Tupolev (bagian dari United Aircraft Corporation di Rostec), pada 12 Januari," kata perusahaan teknologimilik negara ituRostec, seperti dilansir dari kantor berita Rusia,TASS, Kamis (13/1/2022).

Pembom strategis yang baru dibangun itu melakukan penerbangannya di ketinggian 600 meter yang berlangsung sekitar 30 menit.



"Awak pilot uji Perusahaan Tupolev melakukan manuver yang memungkinkan untuk memeriksa operasi pesawat yang stabil dan terkendali di udara," kata Rostec.

CEO United Aircraft Corporation (UAC) Yury Slyusar mengatakan 80% peralatan yang dimiliki Tu-160M Rusia yang baru telah ditingkatkan.

"Pesawat baru memiliki 80% dari sistem dan peralatannya yang dimodernisasi," kata kepala eksekutif itu.

Sementara itu Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov mengatakan Tupolev Tu-160 pada akhirnya dapat membawa senjata baru, termasuk senjata terobosan.



"Hari ini kami melihat prospek yang cukup besar untuk platform Tu-160: pengembangan lebih lanjut akan memungkinkan untuk menggunakannya untuk senjata baru, termasuk terobosan," kata Manturov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)