Israel Hancurkan Jaringan Mata-mata Iran, Tangkap 5 Orang

Kamis, 13 Januari 2022 - 02:32 WIB
loading...
Israel Hancurkan Jaringan Mata-mata Iran, Tangkap 5 Orang
Gambar profil Facebook tak bertanggal yang digunakan oleh seorang tersangka mata-mata intelijen Iran, yang dikenal sebagai Rambod Namdar, untuk melakukan kontak dengan warga Israel. Foto/Al Arabiya
A A A
TEL AVIV - Israel mengatakan telah menghancurkan jaringan mata-mata Iran yang merekrut warganya untuk memotret situs-situs strategis, mengumpulkan data intelijen dan sejumlah pelanggaran lainnya dengan imbalan dolar. Demikian laporan media Israel, The Times of Israel.

Jaringan mata-mata Iran itu terdiri dari empat wanita dan satu pria, yang semuanya adalah imigran Yahudi dari Iran atau keturunan imigran Iran. Kelimanya berhasil ditangkap.

“Para tersangka mengambil foto situs-situs penting yang strategis di Israel, termasuk Konsulat AS di Tel Aviv, berusaha menjalin hubungan dengan para politisi, memberikan informasi tentang pengaturan keamanan di berbagai situs, dan melakukan pelanggaran lainnya,” menurut dinas keamanan internal Israel, Shin Bet .



"Semua dilakukan atas arahan (seorang) operator asal Iran dan dengan imbalan ribuan dolar,” sambung Shin Bet seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (13/1/2022).

Dalam satu kasus, Shin Bet mengatakan operasi Iran yang menjalankan jaringan mata-mata mencoba meyakinkan salah satu tersangka untuk meningkatkan bahasa Persia mereka dan bergabung dengan unit intelijen militer di IDF.

Shin Bet mengidentifikasi agen Iran di balik jaringan mata-mata sebagai Rambud Namdar, yang berpura-pura menjadi seorang Yahudi yang tinggal di Teheran.



“Telah terjadi peningkatan oleh agen intelijen Iran yang menjangkau warga Israel dalam upaya untuk mengumpulkan intelijen yang dapat membantu (Iran) dalam perjuangannya melawan Israel,” The Jerusalem Post melaporkan mengutip seorang pejabat Shin Bet.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memuji Shin Bet karena menghentikan jaringan mata-mata Iran.

“Israel sedang dalam kampanye melawan Iran. Kami melihat upaya yang jelas dan upaya tak henti-hentinya oleh Korps Garda Revolusi Iran untuk merekrut warga Israel,” ujarnya.

Israel dan Iran telah lama menjadi musuh. Tel Aviv memandang Teheran sebagai ancaman terbesar bagi keberadaannya. Keduanya telah mengobarkan bayang-bayang perang selama bertahun-tahun, dan secara teratur bertukar ancaman serta menuduh satu sama lain menyabotase serangan satu sama lain.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)