NATO Emoh Setop Terima Anggota Baru dan Sebar Pasukan Dekat Rusia

Kamis, 13 Januari 2022 - 02:01 WIB
loading...
NATO Emoh Setop Terima Anggota Baru dan Sebar Pasukan Dekat Rusia
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Foto/Politico
A A A
BRUSSELS - Pejabat Rusia dan NATO mengadakan pembicaraan di Brussels, Belgia, guna membahas proposal keamanan yang diajukan Moskow Desember lalu pada Rabu (13/1/2022). Pertemuan ini berlangsung setelah sebelumnya Rusia melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) di Jenewa awal pekan ini.

Setelah pertemuan itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pihaknya akan melakukan segala upaya untuk menemukan jalan politik ke depan dengan Rusia, tetapi tidak akan menyerah pada prinsip-prinsip intinya termasuk kebijakan pintu terbuka untuk keanggotaan.

“Hari ini Rusia mengajukan proposal yang mereka terbitkan pada bulan Desember yang bertujuan untuk mengatasi masalah keamanan mereka; ini termasuk tuntutan untuk berhenti menerima anggota baru ke NATO dan menarik pasukan dari Eropa timur" kata Stoltenberg.



"NATO pada bagiannya menegakan kembali kebijakan pintu terbuka dan hak setiap negara untuk memilih pengaturan keamanannya sendiri. NATO menegaskan bahwa mereka tidak akan melepaskan kemampuan mereka untuk melindungi dan mempertahankan satu sama lain, termasuk dengan kehadiran pasukan di bagian timur negara aliansi," sambung Stoltenberg.

“Ada perbedaan signifikan antara NATO dan Rusia dalam masalah ini, dan perbedaan itu tidak akan mudah untuk dijembatani. Tapi itu adalah tanda positif bahwa semua sekutu NATO dan Rusia duduk di meja yang sama,” ujar Stoltenberg seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (13/1/2022).

Stoltenberg menunjukkan bahwa blok tersebut meminta Rusia selama pertemuan untuk menarik pasukannya dari Georgia, Moldova dan Ukraina. Mungkin ini mengacu pada pasukan penjaga perdamaian Rusia yang ditempatkan di Transnistria, Abkhazia dan Ossetia Selatan, dan ke Crimea, wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung kembali dengan Rusia pada tahun 2014.



NATO, kata Stoltenberg, menyatakan keprihatinan serius tentang dugaan penumpukan militer Rusia di dalam dan sekitar Ukraina dan meminta Rusia untuk meredakan situasi serta menghormati kedaulatan dan integritas teritorial tetangganya.

"NATO juga meminta Rusia untuk menahan diri dari sikap kekuatan agresif dan kegiatan memfitnah yang ditujukan terhadap sekutu dan mematuhi semua kewajiban dan komitmen internasionalnya," kata Stoltenberg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)