Media Polandia Tuding Kapal Selam Rusia Berusaha Curi Sonar Fregat Inggris

Selasa, 11 Januari 2022 - 21:18 WIB
loading...
Media Polandia Tuding Kapal Selam Rusia Berusaha Curi Sonar Fregat Inggris
Kapal selam tenaga nuklir milik Rusia. Foto/sputnik
A A A
WARSAWA - Pekan lalu, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Inggris menuduh kapal selam pemburu-pembunuh Rusia bertabrakan dengan susunan sonar yang ditarik kapal fregat HMS Northumberland.

Kejadian itu berlangsung selama patroli Atlantik utara di wilayah laut antara Norwegia dan Islandia pada akhir 2020. Militer Rusia tidak mengomentari dugaan insiden tersebut.

“Terduga kapal selam Rusia yang menurut Inggris melakukan kontak dengan sonar frekuensi rendah Type 2087 yang ditarik kapal fregat HMS Northumberland pada 2020 mungkin telah mencoba membajaknya," ungkap tuduhan portal berita pertahanan Polandia Defence24, dilansir Sputnik pada Selasa (11/1/2022).



“Inggris mungkin sengaja memutuskan untuk tidak mengakui hilangnya sonar dan, akibatnya, kemungkinan (sonar) ditangkap oleh Rusia. Itulah mengapa Angkatan Laut Inggris secara resmi mengklaim bahwa insiden itu adalah kecelakaan dan tidak disengaja,” papar laporan tersebut.



Awak BBC Channel 5 kebetulan berada di atas HMS Northumberland selama dugaan tabrakan tahun 2020, dengan petugas dan pelaut yang panik terekam berteriak, “Sh*t. Apa itu?” dan "Apa yang baru saja saya tabrak?" selama insiden itu.



Kejadian itu tak lama setelah Kapten Thom Hobbs mengatakan kapalnya beroperasi sangat dekat dengan kapal selam asing sehingga, "Jika mereka berada di permukaan, kita pasti akan melihat wajah."

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan insiden yang dicurigai itu pekan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)