Lawan Ancaman Rusia, Denmark Bakal Kerahkan 4 Jet F-16 dan Kapal Perang ke Baltik

Selasa, 11 Januari 2022 - 14:21 WIB
loading...
Lawan Ancaman Rusia, Denmark Bakal Kerahkan 4 Jet F-16 dan Kapal Perang ke Baltik
Jet tempur F-16 Fighting Falcon Denmark. Denmark ingin kerahkan empat jet tempur F-16 dan kapal perang ke negara-negara Baltik untuk melawan ancaman Rusia. Foto/REUTERS/Antonio Condorelli
A A A
NURMANSK - Denmark berencana untuk mengerahkan empat jet tempur F-16 dan sebuah kapal perang ke negara-negara Baltik. Misinya untuk mendukung NATO dalam melawan ancaman Rusia .

Rencana itu disampaikan Menteri Pertahanan Denmark Trine Bramsen, Senin (10/1/2022).



Bramsen kepada penyiar TV2 mengatakan Denmark menawarkan NATO bahwa mereka mengirim empat jet tempur F-16 dengan staf 70 orang dan fregat dengan 160 orang di dalamnya ke Latvia, Lithuania, dan Estonia.

"Penting untuk mempertahankan nilai-nilai yang kami yakini dan mengirim sinyal yang sangat jelas ke Rusia," kata Bramsen setelah pertemuan Dewan Kebijakan Luar Negeri.

Menteri Bramsen menambahkan bahwa Rusia diduga mengumpulkan ribuan tentara di dekat perbatasan dengan Ukraina dan meminta perjanjian keamanan baru, yang akan memaksa pasukan NATO keluar dari negara-negara Baltik dan Polandia meskipun mereka tergabung dalam aliansi tersebut.

Permintaan itu, lanjut Bramsen, bertentangan dengan hak Uni Eropa untuk menentukan nasib sendiri, sama seperti permintaan Rusia lainnya untuk melarang Ukraina dan negara-negara tetangga lainnya bergabung dengan NATO.

"Oleh karena itu, Denmark siap memberikan bantuan kepada negara-negara Baltik jika terjadi agresi Rusia," ujar Bramsen.

Pada akhir tahun 2021, Rusia mengajukan proposal ke Amerika Serikat dan NATO tentang jaminan keamanan yang akan menahan aliansi NATO dari ekspansi militer ke Eropa timur.

Putaran pertama negosiasi secara resmi dimulai dengan AS hari Senin di Jenewa. Pembicaraan dengan NATO dijadwalkan pada hari Rabu (12/1/2022).

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan negara-negara Barat dan Ukraina tentang "tindakan agresif" yang memenuhi syarat mereka sebagai dalih untuk menyebarkan lebih banyak peralatan militer NATO di dekat perbatasan Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)