Ukraina Tangkap Agen Intelijen Rusia yang Rencanakan Serangan di Odessa

Selasa, 11 Januari 2022 - 04:42 WIB
loading...
Ukraina Tangkap Agen Intelijen Rusia yang Rencanakan Serangan di Odessa
Ukraina tangkap agen intelijen Rusia yang rencanakan serangan di Odessa. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Dinas keamanan Ukraina (SBU) mengatakan pada Senin (10/1/2022), bahwa mereka telah menahan seorang agen intelijen militer Rusia yang merencanakan serangan di pelabuhan Odessa, Laut Hitam terbesar di negara itu.

"Tugas utamanya adalah mengguncang situasi politik di wilayah Odessa melalui sabotase dan aksi teroris," kata SBU. “Agen itu ditahan ketika mencoba merekrut seseorang untuk melakukan serangan,” tambah pernyataan tersebut.



Pejabat di Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Ukraina. Ini adalah klaim pertama Ukraina soal penangkapan agen intelijen Rusia di wilayah Ukraina.

Sebelumnya, Kiev, Washington dan negara-negara Barat telah menyuarakan keprihatinan tentang penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina dan kemungkinan invasi. Para pejabat AS dan Rusia memulai pembicaraan di Jenewa pada hari Senin untuk mencoba meredakan krisis.

Moskow telah membantah merencanakan serangan dan menuduh Ukraina dan NATO mengobarkan ketegangan, menuntut aliansi yang dipimpin AS menjamin tidak akan memberikan keanggotaan Kiev.



Bulan lalu, Rusia mengatakan bahwa seseorang telah melemparkan bom molotov ke konsulat Rusia di kota Lviv, Ukraina, dan mereka secara resmi memprotes serangan itu, yang disebutnya "tindakan terorisme".

Hubungan Ukraina dengan Rusia runtuh pada 2014 setelah aneksasi Rusia atas Krimea dan pasukan yang didukung Moskow merebut wilayah di Ukraina timur yang diinginkan Kiev kembali. Kiev mengatakan sekitar 15.000 orang telah tewas dalam pertempuran sejak itu.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)