Putin Klaim Kemenangan dalam Membela Kazakhstan dari Pemberontakan

Selasa, 11 Januari 2022 - 03:00 WIB
loading...
Putin Klaim Kemenangan dalam Membela Kazakhstan dari Pemberontakan
Presiden Rusia Vladimir Putin klaim kemenangan dalam membela Kazakhstan dari Pemberontakan. FOTO/Reuters
A A A
NUR SULTAN - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim kemenangan dalam membela Kazakhstan dari apa yang ia gambarkan sebagai pemberontakan teroris yang didukung asing. Putin berjanji kepada para pemimpin negara-negara bekas Soviet lainnya, bahwa aliansi yang dipimpin Moskow akan melindungi mereka juga.

Kota terbesar di Kazakhstan, Almaty, kembali mendekati normal pada hari Senin (10/1/2022), setelah hampir seminggu dilanda kerusuhan. Sejauh ini, kerusuhan itu merupakan kekerasan terburuk dalam sejarah kemerdekaan 30 tahun dari apa yang telah menjadi negara bekas Soviet paling stabil di Asia Tengah.



Pekan lalu, Rusia mengirim pasukan terjun payung untuk melindungi fasilitas strategis, setelah pengunjuk rasa anti-pemerintah menggeledah dan membakar gedung-gedung publik. Puluhan orang diyakini tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan demonstran di kota-kota di seluruh negeri.

Pengerahan cepat pasukan Rusia menunjukkan kesiapan Kremlin untuk menggunakan kekuatan untuk menjaga pengaruhnya di bekas Uni Soviet, pada saat Moskow juga berselisih dengan Barat terkait ribuan tentara yang berkumpul di dekat Ukraina.

Putin mengatakan pada pertemuan puncak virtual aliansi militer CSTO negara-negara bekas Soviet bahwa badan tersebut telah berhasil "mencegah meruntuhkan fondasi negara, degradasi total situasi internal di Kazakhstan, dan memblokir teroris, penjahat, penjarah dan unsur kriminal lainnya.”



"Tentu saja, kami memahami peristiwa di Kazakhstan bukan yang pertama dan jauh dari upaya terakhir untuk mencampuri urusan dalam negeri negara kami dari luar," kata Putin, seperti dikutip dari Reuters.

"Langkah-langkah yang diambil oleh CSTO telah dengan jelas menunjukkan bahwa kami tidak akan membiarkan situasi diguncang di dalam negeri," lanjutnya.

Sementara Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev mengatakan pada pertemuan puncak itu bahwa negaranya telah melewati "upaya kudeta".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)