Korban Tewas Terjebak Dalam Mobil Akibat Badai Salju di Pakistan Jadi 22 Orang

Minggu, 09 Januari 2022 - 12:42 WIB
loading...
Korban Tewas Terjebak Dalam Mobil Akibat Badai Salju di Pakistan Jadi 22 Orang
Korban tewas terjebak dalam mobil akibat badai salju di Pakistan jadi 22 orang. Foto/New York Post
A A A
ISLAMABAD - Sedikitnya 22 orang, termasuk 10 anak-anak, tewas di kota resor pegunungan yang populer di Pakistan setelah terjebak dalam kendaraan mereka semalaman saat badai salju hebat menghantam wilayah itu.

Para petugas mengatakan sebagian besar korban meninggal karena hipotermia.

"Di antara mereka adalah seorang perwira polisi Islamabad dan tujuh anggota keluarganya," kata rekan polisi Atiq Ahmed seperti dilansir dari NBC News, Minggu (9/1/2022).



Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed mengatakan salju setinggi lebih dari 4 kaki turun di area resor Murree Hills pada Jumat malam dan Sabtu pagi, menjebak ribuan mobil di jalan raya.

"Salju begitu parah sehingga alat berat yang dibawa untuk membersihkannya awalnya macet pada malam hari," kata Umar Maqbool, asisten komisaris untuk kota Murree. Suhu pun turun menjadi -8 derajat Celcius.

Para pejabat setempat kemudian memanggil pasukan paramiliter dan unit militer khusus gunung untuk membantu. Pada Sabtu malam, ribuan kendaraan telah ditarik dari salju tetapi lebih dari seribu masih terjebak, kata Ahmed.



Maqbool mengatakan sebagian besar jalan menuju resor di daerah itu sebagian besar dibersihkan dari salju pada Sabtu malam, dan pasukan militer bekerja untuk membersihkan sisanya.

Militer juga mengubah sekolah-sekolah yang dikelola tentara menjadi kamp-kamp bantuan di mana mereka menyediakan tempat berteduh dan makanan bagi para turis yang telah diselamatkan.

Petugas darurat membagikan makanan dan selimut kepada orang-orang saat mereka terjebak di dalam kendaraan yang tertutup salju, tetapi banyak yang meninggal karena hipotermia.



"Korban lain kemungkinan meninggal karena keracunan karbon monoksida setelah menjalankan pemanas mobil mereka untuk waktu yang lama," kata dokter layanan penyelamatan Abdur Rehman.

"Hingga Sabtu malam, korban tewas termasuk 10 pria, 10 anak-anak dan dua wanita," imbuh Rehman.

Dalam satu contoh, katanya, seorang suami dan istri dan dua anak mereka semua meninggal di dalam mobil mereka. Di tempat lain, empat anak muda meninggal bersama.

Terletak 28 mil di utara ibu kota Islamabad, Murree adalah kota resor musim dingin yang populer yang menarik lebih dari satu juta turis setiap tahunnya. Jalan-jalan menuju kota sering terhalang oleh salju di musim dingin.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)