Afrika Selatan Setop Rencana Lelang Kunci Sel Penjara Mandela

Sabtu, 08 Januari 2022 - 21:52 WIB
loading...
A A A
Hasilnya akan digunakan untuk membangun Mandela Memorial Garden di desa asalnya di mana jenazahnya dimakamkan.

Ettinger mengatakan perusahaannya telah dihubungi oleh salah satu putri Mandela untuk melelang perlengkapan itu, termasuk kuncinya.

Mantan penjaga penjara Mandela, Christo Brand, telah memiliki kunci tersebut sejak 1980-an. Brand menjalin persahabatan yang sebelumnya dianggap tidak mungkin dan bertahan lama dengan ikon anti-apartheid itu.



"(Kunci) itu rusak dan dia mengirimnya kembali ke pihak berwenang di daratan utama … tetapi itu dikembalikan kepadanya, dan dia memasukkannya ke dalam laci dan tetap di sana selama 30 tahun sampai dia dihubungi oleh sebuah museum yang sedang merangkai hal-hal yang berkaitan untuk Mandela", terang Ettinger, memuji Brand karena sangat murah hati untuk menyerahkan kepemilikan ini untuk membantu membangun taman Mandela.

Para juru lelang menjelaskan bahwa mereka mematuhi keputusan pemerintah Afsel.

"Saya tahu ini mengecewakan keluarga Mandela, ini mengecewakan kami, tapi mereka (pemerintah) melakukan apa yang mereka anggap terbaik, kami hanya tidak setuju dengan mereka," katanya.

Mandela terpilih sebagai presiden pertama Afrika Selatan yang demokratis pada Mei 1994 dan menjabat hingga Juni 1999. Ia meninggal dalam usia 95 tahun pada Desember 2013.

(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)