AS Pertanyakan Penempatan Pasukan Rusia di Kazakhstan

Sabtu, 08 Januari 2022 - 18:23 WIB
loading...
AS Pertanyakan Penempatan Pasukan Rusia di Kazakhstan
AS pertanyakan penempatan pasukan Rusia di Kazakhstan. Foto/The Conversation
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mempertanyakan keputusan Kazakhstan untuk meminta bantuan militer Rusia untuk menangani gelombang kerusuhan dengan kekerasan yang sedang berlangsung.

Puluhan orang tewas dalam aksi protes yang dipicu oleh kenaikan harga bahan bakar, tetapi Blinken mengatakan AS percaya bahwa pemerintah Kazakhstan dapat menangani protes itu sendiri.

Dia mengatakan bahwa tidak jelas mengapa pengerahan pasukan Rusia itu terjadi.



"Satu pelajaran dari sejarah baru-baru ini adalah bahwa begitu orang Rusia berada di rumah Anda, terkadang sangat sulit untuk membuat mereka pergi," Blinken memperingatkan pada briefing Departemen Luar Negeri AS.

"Tampaknya bagi saya bahwa otoritas dan pemerintah Kazakh pasti memiliki kapasitas untuk menangani protes dengan tepat untuk melakukannya dengan cara yang menghormati hak-hak pengunjuk rasa sambil menjaga hukum dan ketertiban," kata Blinken.

"Jadi tidak jelas mengapa mereka merasa perlu bantuan dari luar. Jadi kami mencoba mempelajari lebih lanjut tentang itu," ia menambahkan seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/1/2022).

Sementara itu, AS telah mengizinkan beberapa staf yang tidak penting dari konsulatnya di Almaty untuk meninggalkan negara itu di tengah masalah keamanan atas aksi protes yang sedang berlangsung.

Gelombang pertama dari sekitar 2.500 tentara pimpinan Rusia telah tiba di Kazakhstan. Beberapa unit penerjun payung Rusia bahkan telah tiba di negara itu, dan pada hari Jumat membantu pasukan Kazakh dalam merebut kembali bandara dari pengunjuk rasa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)