Duterte Ancam Tangkap dan Penjarakan Warga Filipina yang Tak Mau Divaksinasi

Kamis, 06 Januari 2022 - 23:08 WIB
loading...
Duterte Ancam Tangkap dan Penjarakan Warga Filipina yang Tak Mau Divaksinasi
Duterte Ancam Tangkap dan Penjarakan Warga Filipina yang Tak Mau Divaksinasi. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Presiden Filipina , Rodrigo Duterte menyatakan bahwa orang-orang yang belum mengambil suntikan COVID-19 akan ditangkap jika mereka tidak mematuhi perintah tinggal di rumah ketika infeksi mencapai level tertinggi tiga bulan.

Duterte dalam pidato yang disiarkan televisi, Kamis (6/1/2022) mengatakan, dia meminta para pemimpin masyarakat untuk mencari orang-orang yang tidak divaksinasi dan memastikan mereka dikurung di rumah mereka.



"Jika dia menolak, jika dia keluar rumah dan berkeliling masyarakat, dia bisa ditahan. Jika dia menolak, kapten sekarang diberi wewenang untuk menangkap orang-orang yang bandel," kata Duterte, seperti dikutip dari Reuters.

Infeksi virus corona harian di Filipina mencapai level tertinggi sejak 26 September, dengan 17.220 kasus pada Kamis, kata Kementerian Kesehatan Filipina. Angka ini termasuk yang disebabkan oleh varian Omicron dari COVID-19.

Penghitungan, yang lebih dari tiga kali lipat tercatat pada hari Selasa, membawa total kasus menjadi lebih dari 2,88 juta, dan kematian menjadi lebih dari 51.700, infeksi dan korban COVID-19 tertinggi kedua di Asia Tenggara, setelah Indonesia.



"Saya bertanggung jawab atas keselamatan dan kesejahteraan setiap orang Filipina," kata Duterte sambil menantang mereka yang tidak menyetujui arahannya untuk mengajukan kasus terhadapnya.

Pada akhir tahun lalu, 49,8 juta orang telah divaksinasi lengkap, atau 45 persen dari 110 juta penduduk negara itu. Di bawah aturan yang ada, orang-orang yang tidak divaksinasi di wilayah ibu kota Manila hanya dapat keluar dari rumah mereka untuk perjalanan penting.

Duterte dikenal dengan retorika perangnya. Tahun lalu, dia mengancam orang-orang yang menolak disuntik dengan penjara atau suntikan Ivermectin, obat antiparasit yang banyak digunakan untuk mengobati hewan.



Tetapi pernyataan terbarunya menggarisbawahi kekhawatiran pemerintahnya yang berkembang atas meningkatnya jumlah kasus COVID-19 yang diperingatkan oleh para ahli kesehatan dapat membanjiri sistem kesehatan negara itu lagi.

Filipina sejauh ini mendeteksi 43 kasus Omicron domestik dan impor, mendorong pemerintah untuk memperketat pembatasan minggu ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)