Mengenal CSTO, Organisasi Pengirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Kazakhstan

Kamis, 06 Januari 2022 - 19:59 WIB
loading...
A A A
Jumlah personel penjaga perdamaian CSTO sekitar 3.600 orang.

"Tugas utama akan menjaga fasilitas negara dan militer yang penting dan memberikan bantuan kepada penegak hukum Kazakhstan dalam menstabilkan situasi dan mengembalikannya ke kerangka hukum," kata CSTO saat mengumumkan pengerahan kontingen pasukan penjaga perdamaian ini ke Kazakhstan.



Di antara tugas-tugas yang dapat dilakukan di bawah operasi penjaga perdamaian itu adalah memantau gencatan senjata dan perjanjian gencatan senjata, memisahkan pihak-pihak yang bertikai, menciptakan kondisi untuk negosiasi, memerangi kerusuhan massal, mempromosikan hak asasi manusia, perlindungan dan pertahanan fasilitas vital, dan menjamin akses untuk bantuan kemanusiaan.

Wakil Ketua Dewan Federasi Konstantin Kosachev menggarisbawahi bahwa CSTO pertama-tama dan terutama akan berkonsentrasi pada jaminan keamanan dan menjaga infrastruktur militer serta sipil, sementara itu akan tetap berpegang kepada penegakan hukum Kazakhstan untuk memastikan ketertiban di negara itu.

Selain sebagian dari Rusia, pasukan penjaga perdamaian yang dikirimkan ke Kazakhstan berasal dari negara-negara anggota lainnya. Kementerian Pertahanan Rusia Kamis pagi membagikan video kontingennya berangkat ke negara Asia Tengah itu.

Seorang koresponden Sputnik melaporkan pasukan penjaga perdamaian yang dikirim ke Kazakhstan juga terdiri dari sekitar 70 tentara dari Armenia. Mereka akan menjaga fasilitas infrastruktur militer penting di tengah kerusuhan yang sedang berlangsung.

Kementerian Luar Negeri Belarusia juga mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengirim unit ke Kazakhstan, mengatakan situasi di negara-negara Asia Tengah yang dianggap menyerupai upaya kudeta.



Presiden Tajikistan Emomali Rahmon menegaskan niat negaranya untuk memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian CSTO sehubungan dengan situasi di Kazakhstan. Sebuah sumber dalam badan hukum Tajikistan mengatakan kepada Sputnik bahwa negara itu mengirim sekitar 200 tentara di bawah misi penjaga perdamaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)