Minta AS dan Rusia Kurangi Bom Atom, China Terus Modernisasi Senjata Nuklirnya

Rabu, 05 Januari 2022 - 05:22 WIB
loading...
Minta AS dan Rusia Kurangi Bom Atom, China Terus Modernisasi Senjata Nuklirnya
China nyatakan akan terus memodernisasi senjata nuklirnya, namun juga minta AS dan Rusia mengurangi stok senjata pemusanah massalnya masing-masing. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China meminta Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk mengurangi stok bom atomnya. Namun, Beijing mengaku akan terus memodernisasi senjata nuklirnya .

“China akan terus memodernisasi persenjataan nuklirnya untuk masalah keandalan dan keselamatan,” kata Fu Cong, direktur jenderal departemen pengendalian senjata di Kementerian Luar Negeri China, Selasa, yang dilansir AFP pada Rabu (5/1/2022).

Seruan Beijing kepada Washington dan Moskow muncul sehari setelah negara-negara kekuatan global berjanji untuk mencegah penyebaran senjata pemusnah massal tersebut.



Dalam pernyataan bersama yang jarang mengesampingkan meningkatnya ketegangan Barat-Timur, Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris dan Prancis menegaskan kembali tujuan mereka untuk menciptakan dunia yang bebas dari senjata atom dan menghindari konflik nuklir.

Lima kekuatan nuklir juga berkomitmen untuk pelucutan senjata penuh di masa depan dari senjata atom, yang hanya digunakan dalam konflik dalam pengeboman AS di Jepang pada akhir Perang Dunia II.

Tetapi menyelaraskan retorika itu dengan kenyataan tidak akan mudah pada saat ketegangan meningkat antara kekuatan global yang sama itu.

Ada kekhawatiran global yang berkembang tentang modernisasi militer China terutama setelah angkatan bersenjatanya tahun lalu mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan rudal hipersonik yang dapat terbang dengan lima kali kecepatan suara.

Amerika Serikat juga mengatakan China memperluas persenjataan nuklirnya dengan sebanyak 700 hulu ledak pada tahun 2027 dan mungkin 1.000 hulu ledak pada tahun 2030.

Pada hari Selasa, China membela kebijakan senjata nuklirnya dan mengatakan Rusia dan Amerika Serikat sejauh ini kekuatan nuklir terbesar di dunia—harus membuat langkah pertama dalam pelucutan senjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)