Bos Hizbullah Menghina Raja Salman dan Tuding Saudi Sebar Ideologi ISIS

Rabu, 05 Januari 2022 - 00:31 WIB
loading...
A A A
“Sementara kami menyerukan Hizbullah untuk menjadi bagian dari afiliasi Lebanon yang beragam, kepemimpinannya menentang tren ini dengan posisi yang pertama-tama merugikan Lebanon dan kedua hubungan Lebanon dengan saudara-saudaranya,” bunyi pernyataan kantor PM Mikati.

"Demi Tuhan, kasihanilah Lebanon dan rakyat Lebanon, dan hentikan tuduhan politik dan sektarian yang penuh kebencian.”

Lebanon sedang berjuang untuk menyelesaikan perselisihan diplomatik dengan Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Kuwait, yang telah mengkritik Hizbullah atas peran mereka di Yaman dan konflik regional lainnya.

Pada bulan Oktober, negara-negara Teluk menarik duta besar mereka dari Beirut, dan Arab Saudi melarang semua ekspor Lebanon. Itu terjadi setelah sebuah video muncul dari Menteri Informasi George Kordahi yang mengkritik perang koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Raja Salman dari Arab Saudi dalam pidatonya pekan lalu meminta Lebanon untuk menghentikan “hegemoni teroris Hizbullah atas negara Lebanon”.

Hizbullah baru-baru ini mendapat sorotan dari sekutu utama Free Patriotic Movement, salah satu partai politik Kristen paling penting di Lebanon, yang didirikan oleh Presiden Michel Aoun.

Pekan lalu, Aoun secara tidak langsung mengkritik Hizbullah karena membuat tegang hubungan dengan negara-negara Teluk dengan “mencampuri urusan yang tidak penting”, serta dominasi militernya sebagai kelompok bersenjata di Lebanon.

Pidato Nasrallah menandai peringatan kedua pembunuhan pejabat senior militer Iran Jenderal Qassem Soleimani.

Soleimani memimpin Pasukan Quds Iran dari tahun 1998 hingga dia dibunuh pada Januari 2020 dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di dekat bandara internasional Baghdad.

"Pembunuhan itu membentuk tahap baru kesadaran, wawasan, dan pengetahuan tentang musuh utama," kata Nasrallah, merujuk pada AS, yang dia tuduh menciptakan ISIS di Irak dan Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)