4 Negara Paling Kotor di Dunia, Nomor 2 Tak Disangka-sangka

Selasa, 04 Januari 2022 - 11:23 WIB
loading...
4 Negara Paling Kotor di Dunia, Nomor 2 Tak Disangka-sangka
Seorang wanita mengumpulkan sampah dari tempat pembuangan akhir di Hazaribagh, pinggir sungai Buriganga, Dhaka, Bangladesh, 5 Juni 2014. Foto/REUTERS
A A A
DHAKA - Memiliki negara dengan tingkat kebersihan tinggi menjadi dambaan setiap warga hingga para petinggi negara. Namun, kini masih banyak negara yang kerap dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 negara di dunia yang mendapat sebutan negara paling kotor di dunia.

1. Bangladesh

Bangladesh adalah negara yang terletak di Asia Selatan. Mendapat julukan sebagai negara terkumuh di dunia, polutan lingkungan Bangladesh berasal polusi udara dan air, kontaminasi air tanah, polusi suara, dan limbah padat.

Kota Dhaka menjadi salah satu kota paling tercemar di Bangladesh. Dalam hal polusi udara, sumber terbesar Bangladesh adalah industri pembuatan batu bata, yang mempekerjakan satu juta orang dan menghasilkan 23 miliar batu bata setiap tahun.

Tempat pembakaran yang digunakan dalam pembuatan batu bata dengan membakar kayu atau batu bara, menghasilkan asap dan debu dalam jumlah besar.

2. Turki

Terletak di wilayah Eurasia, negara ini masuk ke dalam daftar negara paling kotor di dunia. Banyaknya tumpukan sampah di sembarang tempat, kualitas udara yang tidak memenuhi standar, membuat Turki semakin tak sedap dipandang.

Melansir greenmatch.co.uk, polusi karbondioksida Turki adalah 4,33 ton per kapita per tahun, dan konsentrasi PM2,5 adalah 41 g/m3.

Sehubungan dengan itu, terdapat 44 kematian akibat polusi udara per 100.000 kapita per tahun.

Dalam mengimbangi polusi, Turki hanya memiliki 15,2% kawasan hutan dan 0,2% kawasan darat atau laut yang dilindungi. Turki membuang 424,625 kg sampah per kapita setiap tahun.

Masuknya Turki dalam daftar negara paling kotor di dunia ini jelas mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, negara itu terkenal sebagai tujuan wisata popular bagi para turis di Asia dan Eropa. Apalagi banyak warga Indonesia yang sering melancong ke Turki.

3. India

New Delhi, ternyata menjadikan India sebagai negara paling kotor sedunia. Kondisi New Delhi cukup memprihatinkan.

Pasalnya sungai-sungai di daerah tersebut telah tercemar dan tidak bersih, kondisi jalan buruk, kebiasaan masyarakat yang membuang air kecil di jalanan, adanya kebakaran hutan, pembakaran batu bara, dan lainnya.

Melansir BBC, di Kota Deonar terdapat 'pegunungan sampah' dengan total sampah mencapai 16 juta ton setinggi 36,5 meter.

4. Mongolia

Mongolia juga masuk ke dalam daftar negara terkotor di dunia. Diketahui, sumber polusi terbesar di Mongolia adalah pembakaran batu bara dan biomassa seperti kayu atau sisa tanaman.

Di ibu kota Mongolia, Ulan Bator, infeksi saluran pernapasan telah meningkat 270% selama sepuluh tahun terakhir.

Anak-anak yang tinggal di Ibu Kota memiliki fungsi paru-paru 40% lebih rendah daripada mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Sekitar 70-90% ibu hamil yang dirawat di pusat kesehatan keluarga di Mongolia terkena dampak negatif dari polusi udara.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)