Rusia Komentari Pernyataan 5 Negara Soal Perang Nuklir

Selasa, 04 Januari 2022 - 07:03 WIB
loading...
Rusia Komentari Pernyataan 5 Negara Soal Perang Nuklir
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pernyataan bersama oleh China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) tentang tidak dapat diterimanya penggunaan senjata nuklir merupakan tonggak penting, yang terjadi di tengah situasi keamanan internasional yang sangat tegang.

Rusia mengungkapkan hal itu sebagai komentar resmi tentang pernyataan 5 negara tersebut.

Rilis itu dikeluarkan oleh kelompok negara-negara bersenjata nuklir pada Senin (3/1/2022), dengan para penandatangan mengatakan mereka, “Menegaskan bahwa perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh diperangi.”



Mereka juga menekankan bahwa, “Persenjataan nuklir harus melayani tujuan defensif, mencegah agresi, dan mencegah perang daripada digunakan untuk memulai konflik semacam itu.”



Deklarasi itu dipuji oleh Kementerian Luar Negeri Rusia, yang mengatakan itu adalah perkembangan penting bagi keamanan internasional.

“Rusia dengan tegas percaya bahwa tidak ada pemenang dalam perang nuklir, dan itu tidak boleh dilepaskan. Kami secara konsisten mempromosikan gagasan untuk menegaskan prinsip ini oleh semua 5 negara nuklir,” papar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova.

“Moskow adalah pendorong utama di balik pernyataan itu,” papar Zakharova.

Dia menambahkan bahwa itu pada awalnya dirancang untuk diresmikan selama konferensi ke-10 tentang non-proliferasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)