Lima Besar Kekuatan Nuklir Dunia Rilis Pernyataan Bersama, Ini Isinya

Senin, 03 Januari 2022 - 21:48 WIB
loading...
A A A
Di antara kekuatan nuklir utama, China adalah satu-satunya negara dengan larangan formal 'tidak boleh digunakan pertama kali' dalam penggunaan senjata nuklir, dengan strateginya memungkinkan Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat untuk meluncurkan serangan balik hanya setelah rudal musuh mengenai target sasarannya.

Kebijakan yang terhormat tetapi berisiko secara geopolitik itu membuka pintu bagi rencana serangan “pemenggalan” serangan pertama musuh.

Doktrin nuklir Rusia memungkinkan senjata nuklir digunakan jika terjadi serangan nuklir musuh atau serangan konvensional yang begitu parah sehingga dianggap “mengancam keberadaan negara Rusia”.

Pendahulu Rusia, Uni Soviet, mempertahankan janji tidak menggunakan nuklir untuk pertama kalinya, tetapi ini dibatalkan pada 1993, setelah runtuhnya Uni Soviet dan disintegrasi aliansi Pakta Warsawa.

Batasan yang ditempatkan perencana militer AS pada penggunaan senjata nuklir secara signifikan lebih lemah daripada China dan Rusia, dengan pedoman Tinjauan Postur Nuklir yang dirumuskan selama kepresidenan Donald Trump memungkinkan nuklir diluncurkan terlebih dahulu, bahkan terhadap musuh bersenjata non-nuklir konvensional, dan menyerukan pembuatan kelas nuklir mikro baru untuk tujuan ini.

Selain itu, doktrin nuklir AS secara resmi ditujukan untuk mencegah serangan tidak hanya terhadap AS sendiri, tetapi juga terhadap sekutu dan mitra Amerika.

Ini, pada gilirannya, meningkatkan bahaya konflik militer global antara negara-negara bersenjata nuklir yang pecah karena konflik di negara kecil, seperti Estonia atau Taiwan.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden memulai tinjauan postur nuklir pada September, yang mengarah ke harapan di antara kelompok-kelompok kontrol senjata bahwa Gedung Putih akan menempatkan batasan baru pada penggunaan senjata nuklir, dan menghentikan pengembangan sistem senjata baru.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)