Terungkap, Pembelot Korsel Pernah Membelot dari Korut

Senin, 03 Januari 2022 - 19:45 WIB
loading...
Terungkap, Pembelot Korsel Pernah Membelot dari Korut
Tentara Korsel dan Korut berjaga di zona demiliterisasi Korea. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Seseorang yang melarikan diri ke Korea Utara (Korut) dari Korea Selatan (Korsel) diduga warga Korea Utara yang sebelumnya telah melintasi perbatasan dan memasuki Korsel.

Pernyataan itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Korsel ke media pada Senin (3/1/2022).

Orang tersebut terlihat melintasi penghalang perbatasan ke Korut pada Sabtu malam (1/1/2022). Identitasnya tidak diungkapkan.



“Mengenai penyeberangan perbatasan, pihak berwenang menganggap orang tersebut adalah pembelot Korea Utara dan sedang dalam proses memverifikasi fakta terkait,” papar kementerian itu dalam pernyataan kepada kantor berita Yonhap, Senin.



Pembelot itu dilaporkan diyakini sebagai seorang pria yang memanjat pagar di area yang sama di perbatasan bersama dan memasuki Korea Selatan pada November 2020.

Pada Minggu, Korea Selatan mengirim pesan ke Korea Utara di perbatasan melalui jalur komunikasi militer terkait insiden itu.

“Insiden itu menimbulkan kekhawatiran di Seoul, yang berjanji memperketat keamanan perbatasan pada akhir 2020 dalam upaya mencegah penyeberangan ilegal,” ungkap laporan Yonhap.

Sementara itu,Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan perdamaian yang berarti dengan Korea Utara tidak dapat dicapai tanpa semacam kesepakatan formal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)