Bukan Kembang Api, Anak Muda Prancis Bakar Ratusan Mobil di Malam Tahun Baru

Minggu, 02 Januari 2022 - 07:47 WIB
loading...
Bukan Kembang Api, Anak Muda Prancis Bakar Ratusan Mobil di Malam Tahun Baru
Ratusan mobil dibakar pada Malam Tahun Baru di Prancis. Foto/Daily Advent
A A A
PARIS - Aksi membakar mobil di Malam Tahun Baru kembali terjadi di Prancis . Ratusan mobil kosong yang diparkir dibakar oleh segelintir anak muda yang bersuka ria, sebuah tradisi yang banyak disesalkan banyak pihak.

Sebanyak 874 mobil dibakar pada malam pergantian tahun di Prancis. Jumlah itu jauh lebih sedikit dibanding dengan Malam Tahun Baru 2019 yang mencapai 1.316. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin di Twitter.

"Lebih sedikit serangan pembakaran terjadi karena kehadiran polisi secara besar-besaran di jalan-jalan kota pada Malam Tahun Baru ini, menegakkan hukum dan ketertiban serta pembatasan pertemuan publik dan mengenakan masker wajah karena infeksi yang didorong oleh lonjakan varian Omicron yang menyebar cepat," katanya seperti dilansir dari AP, Minggu (2/1/2022).



Sementara itu tidak ada informasi tentang mobil yang terbakar tahun lalu karena penguncian secara nasional pada tahun 2020 selama pandemi virus Corona.

Seperti banyak negara, Prancis telah melihat mobil dibakar sepanjang tahun karena berbagai alasan, termasuk geng yang menyembunyikan petunjuk kejahatan mereka dan orang yang membuat klaim asuransi palsu.

Tetapi aksi pembakaran mobil menjadi sebuah "tradisi" yang baru di Prancis ketika itu menjadi cara untuk menandai kedatangan Tahun Baru. Praktik tersebut dilaporkan dimulai dengan sungguh-sungguh di kalangan pemuda - sering kali di lingkungan miskin - pada 1990-an di wilayah sekitar Strasbourg, Prancis timur.



Pembakaran itu juga menjadi suara protes selama kerusuhan berapi-api oleh pemuda putus asa dari proyek perumahan yang melanda Prancis pada musim gugur 2005. Pada saat itu, polisi menghitung 8.810 kendaraan terbakar dalam waktu kurang dari tiga minggu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)