Langgar Aturan COVID-19, 4 Pria China Diarak dengan Setelan Hazmat Sambil Bawa Foto

Kamis, 30 Desember 2021 - 05:38 WIB
loading...
Langgar Aturan COVID-19, 4 Pria China Diarak dengan Setelan Hazmat Sambil Bawa Foto
Langgar aturan COVID-19, 4 pria China diarak dengan setelan hazmat sambil membawa foto dirinya sendiri. Foto/The Times
A A A
BEIJING - Pejabat di kota perbatasan China selatan membela video viral yang menunjukkan pelaku pelanggar aturan COVID-19 dipermalukan depan umum. Para pelaku diarak di jalan-jalan yang ramai dengan menggunakan pakaian hazmat lengkap.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial China Weibo dan telah dilihat 7 juta kali, polisi bersenjata lengkap dan petugas tambahan dengan perlengkapan hazmat terlihat mengawal empat pria melalui kota Jingxi di Guangxi, sebuah wilayah yang berbatasan dengan Vietnam.

Serangkaian klip menunjukkan para tersangka membawa cetakan foto mereka sendiri yang diperbesar saat wajah mereka dikaburkan oleh peralatan pelindung selama acara mempermalukan di depan publik.

Dalam video lain, keempat tersangka, masing-masing diapit oleh dua petugas, berdiri di depan kerumunan besar di lapangan umum yang dijaga barisan polisi bersenjata. Sebuah spanduk merah digantung di sebuah bangunan di belakang mereka mengidentifikasi acara tersebut sebagai pencegahan kejahatan perbatasan tahunan dan kampanye kesadaran publik.



Pengguna Weibo, sebuah media sosial yang mirip dengan Twitter, sangat kritis terhadap kemunculan video tersebut. Beberapa orang mengatakan itu menghidupkan kembali peristiwa penghinaan publik serupa yang dikenal sebagai "sesi perjuangan." Peristiwa ini umum terjadi selama Revolusi Kebudayaan selama satu dekade lalu di bawah pemerintahan Mao Zedong.

Zhengguan News mengatakan peristiwa itu terjadi pada hari Selasa dan melibatkan empat pria yang tertangkap menyelundupkan warga negara asing melintasi perbatasan ke China yang melanggar pembatasan COVID-19 negara itu.

Seorang juru bicara Biro Keamanan Umum Jingxi mengatakan kepada situs berita yang berbasis di Henan pada hari Rabu bahwa itu dilakukan oleh pejabat di kota Anning, di mana juru bicara lain mengatakan "tidak ada yang tidak pantas" karena para tersangka telah melanggar hukum dan "dihukum demikian," seperti dilansir dari Newsweek, Kamis (30/12/2021).

Juga pada hari Selasa, Kejaksaan Rakyat Jingxi mengumumkan penangkapan dua penduduk setempat, bermarga Huang dan Bi, yang diduga menyelundupkan sepasang warga negara Vietnam ke China pada 19 Oktober. Mereka dituduh memfasilitasi penyeberangan perbatasan ilegal dan juga hukum melanggar pengendalian penyakit China.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)