Ketegangan Meningkat di Ukraina, Biden-Putin Akan Lakukan Pembicaraan

Kamis, 30 Desember 2021 - 02:38 WIB
loading...
Ketegangan Meningkat di Ukraina, Biden-Putin Akan Lakukan Pembicaraan
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (30/12/2021). Pembicaraan dilakukan saat Washington terus bekerja dengan sekutunya dalam tanggapan bersama terhadap pembangunan militer Rusia di perbatasan Ukraina .

"Biden dan Putin akan membahas berbagai topik, termasuk keterlibatan diplomatik yang akan datang dengan Rusia," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Emily Horne dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters.

Dia mengatakan Biden telah berbicara dengan para pemimpin di seluruh Eropa tentang situasi di perbatasan Ukraina, sementara pejabat pemerintahan Biden berhubungan dengan NATO , Uni Eropa serta Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE).



Moskow telah membuat Barat khawatir dengan mengerahkan puluhan ribu tentara di dekat Ukraina dalam dua bulan terakhir, menyusul perebutan semenanjung Crimea dari Ukraina pada 2014 dan dukungannya terhadap separatis yang memerangi pasukan Kiev di Ukraina timur.

“Pemerintahan Biden terus terlibat dalam diplomasi ekstensif dengan sekutu dan mitra Eropa kami, berkonsultasi dan berkoordinasi mengenai pendekatan bersama dalam menanggapi pembangunan militer Rusia di perbatasan dengan Ukraina,” kata Horne.

Dia mengatakan para pejabat AS juga telah mengadakan banyak konsultasi dengan rekan-rekan mereka, termasuk dari negara-negara sayap timur secara bilateral dan dalam format B9 serta Ukraina.



Sementara itu juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada Reuters bahwa pembicaraan itu direncanakan pada Kamis malam.

Biden pada hari Selasa mengatakan "kita lihat saja" ketika ditanya apakah dia akan bertemu Putin pada 10 Januari, hari yang sama saat para pejabat AS dan Rusia akan mengadakan pembicaraan keamanan.

Pembicaraan, yang diumumkan oleh kedua negara pada hari Senin, adalah untuk membahas kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan di Ukraina.

Rusia dan NATO juga kemungkinan akan mengadakan pembicaraan pada 12 Januari, dengan pertemuan yang lebih luas termasuk Moskow, Washington dan negara-negara Eropa lainnya ditetapkan pada 13 Januari.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)