Joe Biden Dilaporkan Pertimbangkan Kirim Peralatan Militer ke Ukraina

Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:19 WIB
loading...
Joe Biden Dilaporkan Pertimbangkan Kirim Peralatan Militer ke Ukraina
Helikopter Black Hawk. Foto/VOI
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Joe Biden tengah mempertimbangkan rencana untuk mengalihkan helikopter dan peralatan militer lainnya yang pernah dialokasikan untuk militer Afghanistan ke Ukraina di tengah penumpukan pasukan Rusia di perbatasan.

Dilaporkan Wall Street Journal, Sabtu (18/12/2021), militer Ukraina tertarik untuk mendapatkan helikopter dan amunisi yang ditujukan untuk militer Afghanistan setelah Biden mengumumkan penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) pada bulan April.

Menurut pejabat AS, di antara opsi tersebut adalah mengirim lima helikopter Mi-17 buatan Rusia yang telah digunakan oleh Angkatan Udara Afghanistan tetapi sedang menjalani perawatan di Eropa Timur.

Ukraina juga mencari 12 helikopter Black Hawk yang telah ditawarkan AS kepada Angkatan Udara Afghanistan tetapi belum dikirim.



Pejabat Pentagon menolak untuk mengomentari usulan transfer material yang dimaksudkan untuk Afghanistan ke Ukraina.

“Kami terus bekerja sama dengan Ukraina untuk mengevaluasi persyaratan khusus pasukan Ukraina,” kata Letnan Kolonel Anton Semelroth, juru bicara Pentagon.

Selain itu, kata para pejabat AS, persediaan amunisi dan persenjataan AS dan NATO di Rumania serta Bulgaria juga dapat disediakan untuk militer Ukraina jika keputusan dibuat untuk melakukannya.

“Sulit untuk menemukan peralatan militer yang ada di dalam peti yang tidak digunakan yang tidak disebarkan di tempat lain,” kata seorang pejabat senior pemerintah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)