125 Negara Dukung Penyelidikan Terbuka Kejahatan Perang Israel

Sabtu, 25 Desember 2021 - 14:32 WIB
loading...
125 Negara Dukung Penyelidikan Terbuka Kejahatan Perang Israel
Israel Defense Force dituding telah melakukan banyak kejahatan perang. FOTO/IDF Unit
A A A
NEW YORK - Majelis Umum PBB pada Kamis (23/12/2021) malam dengan dukungan dari 125 negara mendukung penyelidikan kejahatan perang terbuka yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel . Dukungan ini termasuk ke dalam perang Gaza 11 hari pada bulan Mei silam, yang dikenal sebagai Penjaga Tembok.

Seperti dilaporkan JPost, Jumat (24/12/2021), penyelidikan itu awalnya telah disetujui pada Mei oleh badan Dewan HAM PBB yang beranggotakan 47 orang setelah perang Gaza. Mandatnya yang luas - disetujui 24-9 dengan 14 abstain - memungkinkan penyelidikan atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia Israel di kedua sisi Garis Hijau. Ini akan mencakup Israel yang berdaulat, serta Tepi Barat, dan Gaza.



Tidak ada penyelidikan terbuka seperti itu yang pernah dilakukan terhadap negara anggota PBB lainnya. Pada hari Kamis masalah tersebut dipindahkan ke United Nations General Assembly (UNGA), yang ditugaskan untuk menyetujui anggaran untuk penyelidikan itu, sebagai bagian dari alokasi anggaran keseluruhan yang lebih besar untuk UNHRC.

Israel meminta untuk mengubah resolusi anggaran UNHRC, sehingga uang untuk penyelidikan dikeluarkan dari anggaran UNHRC secara keseluruhan. Itu adalah langkah yang secara efektif menempatkan masalah penyelidikan kejahatan perang permanen terhadap Israel di hadapan 193 anggota UNGA yang lebih besar. Langkah ini langsung diprotes Israel.

“Membentuk sebuah komite tetap yang baru dan permanen daripada Komisi Penyelidikan yang terbatas, sementara dan terdefinisi dengan baik belum pernah terjadi sebelumnya dan berbahaya dalam hal implikasi anggaran jangka panjang bagi organisasi PBB secara keseluruhan,” kata perwakilan Israel kepada UNGA.

"Sejak didirikan pada tahun 2006, UNHRC telah membentuk 32 badan investigasi, dengan sembilan hampir sepertiga dari badan-badan ini berfokus secara eksklusif pada Israel," kata perwakilan tersebut. UNGA tidak mengindahkan kata-katanya. Amandemen untuk menggunduli penyelidikan ditolak 125-8, dengan 34 abstain.



G77 dan China menyerukan pemungutan suara yang direkam dan mendesak semua negara untuk menolak amandemen Israel. Negara-negara tersebut, selain Israel, yang mendukung amandemen yang diajukan oleh negara Yahudi itu adalah; Hungaria, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, Papua Nugini dan Amerika Serikat.

Perwakilan AS mengatakan, bahwa penyelidikan melanggengkan praktik secara tidak adil memilih Israel di PBB. “Dan, seperti pemerintahan AS sebelumnya, kami sangat menentang perlakuan semacam itu terhadap Israel,” tegas perwakilan AS.

"AS akan terus menentang [penyelidikan] ini dan mencari peluang di Jenewa untuk meninjau kembali mandatnya, yang sayangnya disahkan ketika AS tidak memiliki kursi di UNHRC," lanjutnya.

"Israel dapat terus mengandalkan AS untuk melakukan segala kemungkinan untuk melindunginya dari kritik yang diskriminatif dan tidak seimbang baik di UNHRC atau di tempat lain dalam sistem PBB," katanya.



Di antara 34 negara yang abstain adalah: Albania, Australia, Austria, Brasil, Bulgaria, Burundi, Kanada, Republik Afrika Tengah, Kolombia, Kroasia, Republik Ceko, Ekuador, Fiji, Jerman, Guatemala, Haiti, Honduras, India, Italia, Lithuania, Madagaskar, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Republik Korea, Rwanda, Slovakia, Slovenia, Kepulauan Solomon, Tonga, Ukraina, Inggris Raya, Uruguay, dan Zambia.

Australia dan Kanada, yang memiliki catatan kuat dalam mendukung Israel, keduanya mengambil langkah untuk menjelaskan keputusan mereka untuk abstain, mencatat bahwa mereka sering berusaha untuk mendukung pendanaan untuk komisi penyelidikan UNHRC, bahkan ketika mereka menentangnya.

Australia mengatakan bahwa mereka bukan anggota UNHRC dan tidak dapat memberikan suara pada resolusi tersebut ketika disetujui pada bulan Mei. "Kami menentang bias anti-Israel," kata perwakilannya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)