China Kirim Dua Satelit Shiyan Baru ke Luar Angkasa

Jum'at, 24 Desember 2021 - 01:12 WIB
loading...
China Kirim Dua Satelit Shiyan Baru ke Luar Angkasa
China meluncurkan roket Long March-7A untuk menempatkan dua satelit di luar angkasa. FOTO/Xinhua
A A A
WENCHANG - China meluncurkan roket Long March-7A untuk menempatkan dua satelit di luar angkasa pada Kamis (23/12/2021). Roket itu meluncur pada pukul 18.12 (waktu Beijing) di Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan selatan.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, Kamis (23/12/2021), setelah diluncurkan, roket itu segera mengirim satelit Shiyan-12 01 dan Shiyan-12 02 ke orbit yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam bahasa China, Shiyan berarti "eksperimen”.



“Dikembangkan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation, sepasang satelit itu akan melakukan survei lingkungan luar angkasa dan tes teknologi terkait lainnya,” kata perusahaan milik negara itu dalam sebuah pernyataan.

Sebagai versi modifikasi dari roket Long March-7, kendaraan peluncuran tersebut mewakili generasi baru roket orbit tinggi berukuran sedang China. Ini memiliki tiga tahap dan panjang total 60,7 meter, menjadikan Long March-7A roket tertinggi dalam pelayanan di Cina.

Dengan empat booster tambahan berdiameter 2,25m, roket berbahan bakar cair dapat mengirim muatan 7 ton ke orbit transfer geosynchronous, sekitar 36.000 km di atas khatulistiwa Bumi. Misi tersebut menandai penerbangan ke-402 dari roket pembawa Long March.



Dengan panjang 60,7 meter, mennjadikan Long March 7A roket terpanjang China hingga saat ini. Roket tersebut memiliki diameter 3,35 meter dan memiliki empat pendorong samping. Ia mampu mengirimkan hingga 7 metrik ton muatan ke GTO.

Peluncuran pertama Long March 7A gagal pada Maret 2020, dengan peluncuran kedua berhasil pada Maret tahun ini. Kegagalan terjadi setelah hilangnya tekanan setelah pemisahan tahap pertama, yang menyebabkan kerusakan mesin.

Standar Long March 7 digunakan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa kargo ke stasiun luar angkasa China. 7A mencakup tahap hidroloks tambahan yang dimodifikasi dari seri Long March 3B yang lebih lama, roket pekerja keras China saat ini untuk misi ke GTO.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)