Putin: Soal Ukraina, Rusia Tak Punya Ruang untuk Mundur

Rabu, 22 Desember 2021 - 17:30 WIB
loading...
Putin: Soal Ukraina, Rusia Tak Punya Ruang untuk Mundur
Presiden Rusia Vladimir Putin. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin menegaskan baahwa Rusia tidak memiliki ruang untuk mundur dalam kebuntuan dengan Amerika Serikat (AS) atas Ukraina. Putin juga menyatakan, Rusia akan dipaksa untuk memberikan tanggapan yang keras, kecuali Barat menghentikan "garis agresifnya".

Putin menyampaikan pernyataan itu kepada para pejabat militer saat Rusia mendesak AS dan NATO untuk menanggapi proposal yang dibuat pekan lalu untuk serangkaian jaminan keamanan yang mengikat dari Barat.



"Apa yang dilakukan AS di Ukraina ada di depan pintu kita. Dan, mereka harus mengerti bahwa kita tidak punya tempat lagi untuk mundur. Apakah mereka pikir kita hanya akan menonton dengan santai?" kata Putin, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/12/2021).

"Jika garis agresif rekan-rekan Barat kami berlanjut, kami akan mengambil langkah-langkah respons teknis-militer yang memadai dan bereaksi keras terhadap langkah-langkah yang tidak bersahabat," lanjut pemimpin Rusia itu.

Putin tidak merinci sifat dari langkah-langkah ini, tetapi ungkapannya mencerminkan yang digunakan sebelumnya oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov, yang telah memperingatkan bahwa Rusia dapat mengerahkan kembali rudal nuklir jarak menengah di Eropa sebagai tanggapan atas apa yang dilihatnya sebagai rencana NATO untuk melakukannya. sama.



Sebelumnya, Rusia telah menolak tuduhan Ukraina dan AS bahwa mereka mungkin sedang mempersiapkan invasi ke Ukraina pada awal bulan depan oleh puluhan ribu tentara Rusia yang siap dalam jangkauan perbatasan.

Menurut Putin, Rusia perlu janji dari Barat, termasuk janji untuk tidak melakukan aktivitas militer NATO di Eropa Timur - karena keamanannya terancam oleh hubungan Ukraina yang berkembang dengan aliansi Barat. Selain itu juga soal kemungkinan rudal NATO dikerahkan untuk melawan Rusia di wilayah Ukraina.

"Seperti yang dikatakan Presiden (Joe) Biden kepada Presiden Putin, jika Rusia menginvasi Ukraina lebih lanjut, kami akan memberikan bahan pertahanan tambahan kepada Ukraina di atas dan di luar apa yang sudah kami dalam proses penyediaannya," kata Ryabkov.



Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menuduh bahwa lebih dari 120 kontraktor militer swasta AS aktif di Ukraina timur, tempat pasukan Ukraina memerangi separatis yang didukung Rusia sejak 2014, dan mengatakan mereka sedang mempersiapkan "provokasi" yang melibatkan zat kimia.

Dia tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut, yang oleh juru bicara Pentagon John Kirby digambarkan sebagai "sepenuhnya salah". Sepanjang krisis, Rusia telah menyimpang antara retorika yang keras, seruan untuk dialog dan peringatan yang mengerikan, dengan Ryabkov berulang kali membandingkan situasinya dengan krisis rudal Kuba tahun 1962 ketika dunia berada di ambang perang nuklir.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)