Teheran Remehkan Zionis: Israel Tak Mampu Serang Iran Tanpa Dukungan AS

Rabu, 22 Desember 2021 - 01:03 WIB
loading...
A A A
Divisi kedirgantaraan, Angkatan Darat dan Angkatan Laut IRGC bergabung dalam latihan militer lima hari, di mana pasukan maritim bersiap untuk bermanuver di Selat Hormuz yang strategis, pintu gerbang sempit untuk 20% minyak yang diperdagangkan di dunia.

Sebelumnya pada hari Senin, seorang pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya memperingatkan Israel terhadap "tindakan kerusakan" saat perundingan nuklir berlanjut di Wina untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran 2015 antara Teheran dengan negara-negara kekuatan dunia.

Pejabat itu mengatakan bahwa jika Israel mengambil langkah-langkah untuk menekan Iran agar menyerah pada tuntutan negara-negara Barat di meja perundingan, hasilnya akan kontraproduktif, berdampak pada hubungan dengan AS dan memiliki efek negatif dan jera pada kerja sama Iran dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Pembicaraan yang disponsori Eropa bertujuan untuk menyelamatkan apa yang disebut Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), yang telah rusak sejak AS menarik diri atas perintah Donald Trump pada 2018.

Republik Islam Iran secara terbuka meningkatkan proyek nuklirnya setelah penarikan AS dari kesepakatan nuklir tersebut.

Kekuatan Barat telah melaporkan beberapa kemajuan dalam pembicaraan, meskipun diplomat Eropa memperingatkan pada akhir pekan lalu bahwa mereka “dengan cepat mencapai ujung jalan.”

Sebagai pukulan terhadap mediator Eropa, Iran meminta jeda baru dalam pembicaraan di Wina. Pembicaraan baru saja dilanjutkan pada akhir November setelah jeda lima bulan setelah pemilihan presiden yang dimenangkan ulama garis keras Ebrahim Raisi.

Kekhawatiran Barat yang mendasari adalah kekhawatiran bahwa Iran akan segera membuat kemajuan yang cukup sehingga perjanjian itu—di mana ia dijanjikan bantuan ekonomi dengan imbalan pembatasan drastis pada pekerjaan nuklirnya—akan menjadi usang.

Israel dilaporkan telah menyetujui anggaran sekitar NIS5 miliar (USD1,5 miliar) yang akan digunakan untuk mempersiapkan militer menghadapi potensi serangan terhadap program nuklir Iran. Ini termasuk dana untuk berbagai jenis pesawat, drone pengumpul intelijen dan persenjataan unik yang diperlukan untuk serangan semacam itu, yang harus menargetkan situs bawah tanah yang dijaga ketat.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)